Disegel, Pedagang Pasar Pandegiling Diarahkan Masuk ke Pasar Resmi

0
318

Surabaya NAWACITAPOST – Selang satu hari sejak rapat koordinasi bersama Komisi B, Satpol PP kota Surabaya gerak cepat tertibkan pasar Pandegiling yang memang dianggap menyalahi aturan perijinan yang telah diberikan, Kamis (3/6/21)

Tepat pukul 10.00, penertiban dan penyegelan lahan yang dihuni sekitar 20-an lapak tersebut berlangsung tanpa ada perlawanan yang berarti baik dari pengelola maupun dari pedagang.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat (Kabid Trantibbum) Satpol PP Surabaya Piter Frans Rumaseb, menjelaskan, Penertiban yang dilakukan adalah penyegelan terhadap aset kota yang dikuasai oleh sekelompok orang, dan nantinya akan difikirkan pemanfaatannya oleh pemkot.

Penyegelan dilakukan karena menyalahi aturan. ” Ini tidak sesuai peruntukan, yang di minta Pak RW setempat digunakan sebagai Balai RW atau gedung serbaguna, ” tegas Piter.

Dalam hal ini, tugas Satpol PP adalah melakukan penyelamatan aset pemkot. Dan setelah ini, akan di gunakan untuk apa, kita serahkan sepenuhnya kepada OPD dan dinas terkait.

‘Untuk pedagang pedagang yang sudah di tertibkan akan di arahkan ke PD pasar surya atau ke pasar-pasar milik swasta seperti pasar koblen dan lainya,” ucapnya

Artinya di tempat yang memang seusai perizinan untuk di jadikan sebagai pasar.

Terkait aset, juga bisa digunakan untuk kepentingan warga sekitar. ” Bisa juga di buat untuk taman atau fasilitas tempat bermain bagi warga surabaya.,” ujarnya.

Perlu di ketahui penertiban ini di ikuti 150 personil yang meliputi Satpol PP kota Surabaya dan Polrestabes serta Danramil kecamatan tegal sari. (BNW)