LAPAS KELAS IIB MEULABOH MERAIH PENGHARGAAN TERBAIK KE-2 se INDONESIA

0
109

MEULABOH, NAWACITAPOST – Pada tanggal 27 April merupakan hari bahagia bagi pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi karena pada tanggal tersebut merupakan hari Bhakti Pemasyarakatan. Setelah berevolusi dari sistem kepenjaraan menjadi sistem Pemasyarakatan yg dicetuskan oleh DR Saharjo pada 27 April 1964, Pemasyarakatan terus berbenah dari hari ke hari dan dari masa ke masa baik dari sistem pengamanan sampai dengan pembinaan untuk membuat Narapidana kembali dapat menjadi masyarakat yang baik saat selesai menjalani pidana.

Namun ada yg berbeda pada Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 Khusus nya Bagi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Meulaboh Kanwil Kemnkumham Aceh, dimana lapas meulaboh menerima penghargaan dari menteri Hukum dan HAM bapak H. Yasona Laoly sebagai lapas terbaik ke 2 kategori UPT Pemasyarakatan yang berhasil Menggagalkan masuknya Narkoba ke dalam Lapas pada tahun 2021. Penghargaan itu bukan sekadar pemberian biasa, melainkan ada beberapa kejadian penggagalan yang dilakukan Lapas Meulaboh terkait masuknya Narkoba ke dalam Lapas. Hal itu bermula pada tanggal 22 dan 23 Januari 2021 petugas Lapas meulaboh berhasil menggagalkan masuk nya narkoba jenis sabu-sabu dan ganja ke dalam lapas yang dilakukan dengan modus pelemparan dari luar tembok menggunakan jerigen (5 liter) dan juga bola tenis lapangan. Kemudian pada tanggal 25 januari 2021 Lapas Meulaboh melakukan Razia rutin kamar hunian yang dipimpin langsung oleh Kalapas, dari hasil razia tersebut pihak Lapas berhasil menemukan sabu2 dari salah satu WBP yang belum sempat mengkonsumsi barang haram tersebut.

BACA JUGA :  Petugas Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dalam Jus Alpukat ke dalam Lapas Kelas II A Banda Aceh

Pada tanggal 17 maret 2021 kembali petugas berhasil menggagalkan masuk nya Narkoba kedalam Lapas, dimana petugas menemukan bola kasti yang sudah terbelah dan terdapat isi berupa sabu-sabu. Semua kejadian tersebut bersinergi dengan Kepolisan resort Aceh barat sebagai tindak lanjut serta komitmen kami dalam berantas narkoba,” ujar Said Syahrul.

Kementerian Hukum dan Ham melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan selalu mengapresiasi dari upaya penggagalan yang dilakukan oleh petugas guna sebagai wujud motivasi dan dukungan semangat dalam memberantas peredaran Narkoba, sehingga Kami Lapas Meulaboh menerima penghargaan tersebut dari Bapak Menteri Hukum dan Ham RI.
Sebagai informasi dari kami ternyata perjuangan serta komitmen kami dalam berantas Narkoba belum selesai walaupun kami telah mendapatkan Penghargaan, nyatanya masih saja ada upaya dalam menyelundupkan Narkoba ke dalam Lapas namun lagi-lagi untuk kesekian kali nya kami berhasil menggagalkannya dimana kejadian tersebut dilakukan pada tanggal 5 mei 2021 sore hari pukul 18.00 menjelang berbuka puasa dengan modus menitipkan barang makanan, selain itu kami juga berhasil menangkap pelaku beserta barang buktinya, lalu menyerahkannya kepada pihak Kepolisian untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” Tutup Said Syahrul.