KPU Nias Selatan Laksanakan FGD Evaluasi Pilbup Pilwabup Tahun 2020

0
148
Foto : FGD KPU Nias Selatan

Nias Selatan, NAWACITAPOST – Setelah masa tahapan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 berakhir, kini KPU Nias Selatan (Nisel) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup dan Pilwabup) Nias Selatan Tahun 2020. Yang mana evaluasi ini dikemas dalam bentuk Rapat Pimpinan KPU Nias Selatan Tahun 2020. Acara ini dihadiri oleh Pemda (Pemerintah Daerah) Nisel yang diwakili Sekda Nias Selatan Ir. Ikhtiar Duha, MM. bersama unsur Forkompimda Memoris Wau mewakili Ketua Lembaga yang terhormat DPRD Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Foto : FGD KPU Nias Selatan

Turut hadir pula yang mewakili Kapolres Nias Selatan Zul Efendi, Kajari Nias Selatan, Dandim 0213 Nias, Lanal Nias, Kepala OPD Kadis Dukcapil Nias Selatan, Kadisdik Nias Selatan, Kadis Kesehatan, Ketua Bawaslu Nias Selatan Harapan Bawaulu, Ketua Koordinator Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Nisel Zeni Alfian Dakhi, Civitas Akademik, LSM, BEM dan Pers. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Nias Selatan Repa Duha, S.Pd. di TBI (Taman Baloho Indah) Kota Teluk Dalam pada (29/04/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Foto ; FGD KPU Nias Selatan

Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara Bapak Herdensi, S.Sos.MAP. sekaligus sebagai moderator menyampaikan. Bahwa proses FGD dalam Evaluasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Tahun 2020 merupakan suatu croscek proses perjalanan pemilihan yang dimulai dari perencanaan dan penyelenggaraan pemilihan tahun 2020. Yakni untuk perbaikan pola pemilihan dimasa yang akan datang. Sementara, Ketua KPU Sumut Herdensi dalam kata sambutannya menekankan. Bahwa acara evaluasi ini nantinya bukan hanya membahas masalah teknis saja.

Foto : FGD KPU Nias Selatan

“Kita sebagai penyelenggara khususnya di KPU Kabupaten Nias Selatan dan jajarannya yang hadir saat ini harus bisa juga membahas terkait masalah aspek substansi pemilihan yang sudah berlangsung tahun 2020 lalu. Dimana, tata kelola pemilu dan pemilihan itu merupakan sebuah siklus yang tidak berhenti pada satu Pilkada saja. Tapi juga, siklus ini berjalan secara berkelanjutan sampai di momen Pemilu dan Pilkada Serentak pada tahun 2024 yang akan datang,” tegas Herdensi. Dalam acara ini, KPU Nias Selatan sekaligus memberikan Piagam Penghargaan kepada instansi dan pihak terkait yang telah mendukung proses pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dan kegiatan diakhiri dengan foto bersama. (Elwin Duha/Ayu Yulia Yang)