Makna Hari Kartini Bagi Ajeng Wira Wati

0
173

Surabaya NAWACITAPOST – Peringatan hari Kartini 21 April diidentikkan dengan emansipasi kaum perempuan di Indonesia. Dalam perjuangannnya, Raden Ajeng Kartini yang lahir di Jepara 21 April 1879 merupakan Pahlawan Nasional pelopor kebangkitan perempuan pribumi dengan mendirikan sekolah untuk perempuan sehingga perempuan yang tidak berasal dari golongan bangsawan mendapatkan kesempatan untuk bersekolah.

Selain itu, putri dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M. A. Ngasirah, mencetuskan dan mengembangkan gerakan Emansipasi Wanita dari tulisan dan pemikiran-pemikirannya sehingga wanita bisa memiliki kedudukan yang sejajar dengan pria dan tidak dianggap remeh.

Berkiblat dari hal ini, wakil ketua komisi D DPRD kota Surabaya Ajeng Wira Wati menyatakan ingin meneruskan apa yang sudah diperjuangkan pencetus buku ““Habis Gelap Terbitlah Terang” ini.

Sebagai politisi perempuan Partai Gerindra, Ajeng mendorong pemerintah kota (Pemkot) untuk memberikan perhatian lebih terhadap kaum perempuan.

” Pemkot wajib memfasitasi semua aktifitas perempuan Surabaya, misalnya dalam hal akses berdagang dengan memaksimalkan program-program yang ada diantaranya pemberdayaan, digitalisasi dan pengembangan jaringan usaha,” katanya.

Saat Pndemi Covid-19 seperti sekarang, Pemkot juga wajib memberi semangat agar para perempuan terlibat untuk membantu kebangkitan perekonomian.

” Saya merasa bangga melihat semakin banyak perempuan yang multi tasking. Selamat Hari Kartini,” ucapnya. (BNW)