Terkait Bongkar Muat, Pelabuhan Sibolga Paling Aman

0
78
kepala KSOP Sibolga Jagohan Gultom SE foto bersama dengan perwakilan nawacitapost.com wilayah Sibolga sekitar, Sibolga, Jumat (17/4/2021).

Sibolga, NAWACITAPOST Pelabuhan Sibolga adalah pelabuhan paling aman untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat. Hal ini disampaikan oleh Jagohan Gultom, SE selaku kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kepada nawacitapost.com saat menerima kunjungan pihak Nawacitapost di ruang kerjanya, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga : Datangi Kantor ASDP Sibolga, Pengguna Jasa Minta KMP Labuhan Haji Dioperasikan Kembali

Jagohan Gultom berharap agar melalui media daring nawacitapost.com, juga dibantu untuk mempromosikan bahwa kondisi laut Sibolga adalah wilayah laut paling aman dan sangat tepat untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat.

“Say ucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Nawacitapost. Harapan saya, kita sama sama promosikan kondisi Pelabuhan Sibolga yang aman dan nyaman untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat,” kata Jagohan.

Dia menambahkan bahwa pelabuhan sibolga itu selain memiliki kedalaman yang cocok untuk berbagai jenis kapal, bahkan Kapal kapal kargo, juga dikelilingi oleh pulau pulau besar dan kecil sehingga tidak terganggu oleh badai dan ombak ataupun gelombang laut yang besar.

“Sekarang kan ini kegiatan bongkar muat peti kemas sudah dilaksanakan, semen juga dari sini, nah kedepan kita berharap juga seperti beras minyak dan berbagai barang dan kebutuhan lainnya bisa di bongkar dan di muat di sini. Pasokan beras untuk Sibolga, Tapteng, Tapsel atau bahkan Aceh juga bisa di bongkar melalui pelabuhan ini. Karena ini dijamin lenih aman,” katanya.

Selain kondisi iklim dan alam, saat ini pelabuhan Sibolga juga baru saja diperbaiki, dengan desain terbaik bahkan sering diklaim terbaik se Asia Pasifik.

Sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melakukan pengembangan dermaga multipurpose dengan panjang keseluruhan mencapai 153 meter dan lebar 31,5 meter dengan panjang tambatan 405 meter.

Selain itu, Pelindo I juga melakukan perkuatan dermaga eksisting serta perluasan dermaga ferry seluas 400 meter persegi.

Pelabuhan Sibolga dapat disandari oleh 4 kapal besar hingga berukuran 6.000 GT. Fasilitas lain yang ditambahkan yakni container yard dengan kapasitas 20.000 TEUs per tahun, perkuatan trestle dan breasting dolphine.

Untuk menunjang kualitas dan kecepatan pelayanan bongkar muat dan kegiatan eksor impor, Pelabuhan Sibolga juga didukung peralatan bongkar muat berupa peralatan fix craine berkapasitas 40 ton.
“Selain itu, terminal penumpang pelabuhan ini juga ditata menjadi 2 lantai dan dilengkapi dengan rooftop seluas 2.786 meter persegi.Terminal ini dapat menampung hingga 500 penumpang”, pungkasnya.

(Petrus Gulo)