PT.IKPP Diduga Langgar Prokes? KNPI Tualang : Minta Ditindak Tegas 

0
263
Aksi PK - KNPI Kecamatan Tualang dnngan mematuhi protokol kesehata covid 19,di pimpin oleh IKA Rahman, Senin (12/4/2021).

Siak, NAWACITAPOST – Puluhan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Tualang melakukan aksi damai di gerbang Pintu Keluar Masuk PT IKPP Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Senin (12/4/2021).

Baca Juga : Bupati Siak Alfedri Luncurkan TV Goes Satelit Telkom 4

Puluhan Orang yang melakukan Aksi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini sebagai buntut kekecewaan terhadap perusahaan anak Sinar Mas Group itu yang berada di Lancang Kuning Kota Perawang Kabupaten Siak yang dinilai tidak mengindahkan perjanjian – Perjajian Beberapa bulan yang lalu tentang Peraturan pemerintah Covid- 19 dan Alat angkutan trasportasi Manusai yang di Angkut oleh Mobil Barang yang tidak layak.

Angkutan Trasportasi pekerja motra PT.IKPP Perawang yang di sediakan oleh kontraktor, Senin (12/4/2021).

Pihak perusahaan Raksasa yang sudah sekian Tahun Berdiri di kota perawang menjadikan truk untuk sarana transportasi mitra kerja, seakan-akan tidak memanusiakan manusia,sebagai akutan Barang dimana seharusnya para mitra Kontraktor kerja itu diangkut menggunakan mobil bus yang Layak, bukan truk yang merupakan Angkutan barang.

Pada hal di bulan perjanjian Februari lalu, perusahaan raksasa tersebut berjanji akan memenuhi untuk mengadakan kendaraan yang layak untuk mitra kerja untuk trasportasi Keluar masuk Pekerja ( Kontraktor).

Dalam perjanjian tersebut, Pemerintah Kabupaten Siak Melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Siak Junaidi,SE,MM yang telah melakukan pertemuan bersama pihak Managemen PT IKPP dan beberapa mitra kerjanya, pihak PT IKPP dan mitra kerja menyetujui penggunaan bus sebagai angkutan mitra kerja di bulan Februari.

Namun kenyataanya hingga saat ini mitra kerja masih terlihat menggunakan truk angkutan barang setiap Hari Masuk Dalam Perusahaan Terbesar di Sumatra.

Ika,sebagai Ketua PK – KNPI Kecamatan Tualang Rahman meneriakan dalam orasinya agar pihak PT IKPP dan Mitra kerja ( KONTRAKTOR ) memperhatikan Pekerja ( BHL)
“Kami mau pekerja di PT IKPP mendapatkan fasilitas yang layak yaitu menggunakan bus,” dan diberi jasa angkutan yang layak,Jangan Keutunganya saja yang di perhatikan.”Kata IKA

Dalam orasinya itu, dia memberikan waktu sebulan kepada pihak PT IKPP Perawang untuk memenuhi tuntutan mereka tersebut,jika tidak maka akan melakukan aksi lebih besar lagi dari yang sekarang,”Dengan nada tegasnya

Kasihan Buruh itu adalah orangtua kami, keluarga kami, saudara kami, maka perlakukan dia sebagai manusia yang semestinya, jangan angkut gunakan truk yang hanya berupa Barang. Ingat kami beri waktu sebulan,” lantang Ika.

“Jika dalam waktu sebulan tidak terpenuhi oleh pihak perusahaan, kami akan melakukan aksi serupa kembali dengan masa yang lebih banyak lagi,” tegasnya.

“Pada hal Indah Kiat itu apa gak bisa, sedangkan peraturan merokok,tidur di dalam perusahaan dan bawa kamera Android saja denda Rp 10 juta dapat dilakukan kepada mitra kerjanya yang ketahuan oleh Septic Perusahaan , masa ini gak,” imbuhnya.

Pantauan dari jurnalis Nawacitapost.com Kabupaten Siak, aksi yang dipimpin langsung IKA Rahman Ketua PK-KNPI Kecamatan Tualang sebelumnya berkumpul di Taman Tuah Sekawan, kemudian bergerak menuju depan gerbang mitra kerja PT IKPP dengan membawa atribut dan Di depan Gerbang Kantor Humas PT.IKPP perawang Mill.

Aksi KNPI tersebut pada pukul 13.45 Wib, bubar dengan tertib dengan mengikuti satu komando,Karena tidak di Jumpai oleh Pihak perusahaan PT.IKPP perawang Mill

Ketika awak media nawacitapost.com Mencoba konfirmasi Langsung di Lokasi Aksi KNPI kepada Pihak Perusahaan Melalui Humas PT.IKPP Yang di wakilkan oleh Ardi,Mengatakan pimpinan tidak ada di tempat,lagi cuti apapun Anspirasi yang di sampaikan oleh Rekan – Rekan atau teman – teman KNPI hari ini kita akan tampung dulu,dan setelah itu akan kita sampaikan kepada pimpinan,” Kata Ardi

Memang bulan Februari yang lalu pihak perusahaan dan Pemerintah melalui Dishub Kab Siak telah sepakat bahwa mitra kerja akan menggunakan bus yang layak, secara UU kita ikuti,dan akan pihak perusahaan Melakukan rapat bersama Pihak Kontrator mitra kerja PT.IKPP,Ucap ardi dengan Kata Singkatnya.

Pihak Keamanan gabungan TNÌ AD,Sat Polres Siak – Polsek Tualang yang dipimpin langsung oleh Plt. Kapolsek Tualang AKP MAHENDRA YUDHI LUBIS.SH.MH dan Kasat Sabara AKP Indra,SH.MH,mengatakan Personil Gabungan Dari TNI,Polres Siak- Polsek Tualang untuk mengawal Aksi Yang di lakukan oleh KNPI Tualang di turunkan kurang lebih 78 orang.

Aksi ini kita lakukan dan telah menyampaikan kepada adek – dek KNPI sebentar lagi puasa,lebih vokus ibadah yang peting jangan ganggu kabtimas di tengah – tengah masayarakat,”Kata M Lubis

“Lanjutnya terkait Protokoler kesehatan pantauan kami Aksi dari KNPI mematuhi protokol kesehatan Mengatur jarak,Menggunakan masker,dan aksi aman,tidak menggangu ketertiba lalu lintas maupun ketertiban umum, pungkasnya.

(Sokjhiaro Halawa)