Posting Penghinaan Terhadap Suku Nias, Marlis Zega Minta Polisi Segera Tangkap Sany Oloan

0
754
Marlis Zega menunjukkan surat laporan Polisi LP/101/III/2021/SU/Res SBG tanggal 26 Maret 2021

Sibolga, NAWACITAPOST – Marlis Zega (37) meminta kepada kepolisian Resor kota Sibolga agar segera menangkap dan menahan Sany Oloan pemilik akun Facebook atas nama akun Sany Oloan. Karena telah membuat beberapa postingan yang berbau SARA. Dalam postingan tersebut Sany Oloan menghina salah satu suku yaitu suku Nias dengan berbagai sebutan yang penghinaan.

Baca Juga : Viralnya Wajib Jilbab Non Muslim Di SMK N 2 Padang, Ade Armando Sudah Ingatkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Jauh Sebelumnya

Hal itu disampaikan oleh Marlis Zega sambil menunjukkan Laporan polisi kepada NAWACITAPOST.COM Rabu (7/4). Marlis mengatakan bahwa kasus ini sudah dia laporkan kepada polisi seja tanggal 26 Maret 2021 yang lalu namun sampai saat ini pelaku belum ditahan.

“Postingan itu audah lama di muatnya di akun facebooknya sejak tanggal 16 Maret yang lalu. Sampai sekarang belum di hapus. Saya sudah laporkan ke polisi tapi toh tidak juga pelakunya di tahan. Padahal ini jelas melanggar Undang Undang ITE, ” kata Marlis.

Adapun postingan sany Oloan yang diposting sebanyak 2 kali dintanggal yang sama diantaranya ialah

“N**s gampang kampungan ortodok sperti mu, cocok nya kena rahasia ilahi. apa yg kau ucap kan akan berbalik sma kluarga mu jg.. kita liat aja, cpt atau lambat itu pasti. itulh yg nama nya karma. karma utk si penebar fitnah sperti mu..!! ” Postingan pertama yang ditambahkan 2 foto di dalamnya.

Postingan di media sosial berujung laporan polisi

Selain itu ada juga postingan lain yang diposting pada tanggal yang sama yaitu, “Ikko lai hah.. si n**s gampang ortodok nan kampungan ko. si mulut manis yg berhati busuk ko. kok soal menebar fitnah smo manggosiip.. mmg inyo lh ratu nyo, si ratu gibah. Padusi sok bersih sok suci.. tp inyo indak manyadari macam mano parange nyo. kau yo baledang.. nan indak sadar kau ala di gosiip dusanak kau sendiri. muna tuh.. kluarga nan kikir palis. kau salamo ko bisa ksana kmari pai malala.. de karano di ateh kepeng laki2 lain. makonyo lh gaya kau bakiro pante kini. urus sjo diri kau.. smo tubang kau tuh yo, padusi hina yg merasa sok suci..!!”

Kata Marlis, Entah kepada siapa postingan itu dia maksud, namun sudah memfitnah satu suku bangsa yairu Suku Nias.

“Sebagai suku Nias saya cukup tersinggung, entah apa makaudnya, selama ini saya tidak ada masalah dengan dia. Namun kebiasaan mungkin terlalu gampang membuat postingan yang berbau SARA,” katanya.

Awalnya postingan tersebut diketahui Marlis dari keponakannya yang pada tanggal 25 Maret datang ke rumahnya memberitahukan postingan tetangga mereka yang menghina hina suku Nias.

Melihat itu, dirinya sempat mempertanyakan hal itu itu kepada tetangga, namun tetanganya tidak memperdulikannya. Sehingga pada hari jumat (26/3) Marlis melaporkan hal itu ke Polres Sibolga dengan Laporan Polisi: LP/101/III/2021/SU/Res SBG tanggal 26 Maret 2021.

( Petrus Gulo )