Honor Tak Dikeluarkan, PanwasKel Surabaya Lapor Dewan

0
187

Surabaya NAWACITAPOST – Pilkada Surabaya memang sudah berlalu, namun ternyata masih menyisahkan beberapa permasalahan, seperti yang disampaikan Dhoni Rio Krisgianto Putra Koordinator Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan se-Surabaya melalui surat aduannya ke lembaga DPRD Surabaya tertanggal 19 Maret 2021 melalui anggota Komisi A Josiah Michael.

Mewakili rekan-rekannya, dalam suratnya Dhoni menyampaikan bahwa honor Panwaskel se-Surabaya untuk bulan Februari yang semestinya dibayarkan pada awal Maret belum mereka terima dengan penjelasan yang tidak berpihak kepada mereka.

Memang diawal, masa kerja Panitia Pengawas Pemilihan Ad Hoc ditingkat kelurahan berlaku mulai tanggal 15 Juni 2020 hingga 8 bulan kedepan yakni Januari 2021. Namun karena terjadi perselisihan hasil Pemilihan Calon Wali kota Surabaya, maka Bawaslu kota Surabaya menerbitkan Surat Edaran No. 0357/BAWASLU/PR.00/XII/2020 terkait penambahan masa kerja yang berakhir sampai dengan bulan februari 2021.

Dan terbukti, sesuai fakta maupun aturan, Panwas bekerja sampai bulan februari 2021.

Maka dari itu, melalui surat yang telah dikirim para Panwaskel berharap Ketua DPRD Kota Surabaya dapat membantu mencarikan solusi dari permasalahan tersebut dengan mengundang seluruh pihak terkait melalui rapat dengar pendapat (Hearing) di Lembaga Dewan.

Josiah Michael, Anggota Komisi A DPRD kota Surabaya

Menyikapi hal ini, kepada media, Legislator dari Fraksi PSI Josiah Michael berjanji akan segera berkoordinasi dengan seluruh pimpinan dan anggota Komisi A, selanjutnya apabila disetujui akan dilakukan Hearing dengan memanggil pihak-pihak terkait khususnya pihak Sekretaris Bawaslu Kota Surabaya.

Sementara ketua Bawaslu kota Surabaya Agil Akbar saat dihubungi melalui selularnya mengatakan bahwa terkait masalah honor Panwaskel adalah kewenangan dari Sekretaris Bawaslu.

” Kami ini hanya pelaksana, urusan honor adalah wewenang Sekretaris Bawaslu,” ujarnya.

Ditanya apabila dipanggil untuk Hearing di DPRD, Agil mengaku siap memberikan keterangan sesuai dengan tupoksinya. (BNW)