Majukan UMKM, DPMPTSP Padang Luncurkan Inovasi INDAH

0
175
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang, Corri Saidan/Kominfo
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang, Corri Saidan/ Kominfo

Padang, NAWACITAPOST –  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang, Corri Saidan, mengatakan, bahwa pihaknya mendorong majunya UMKM melalui inovasi  yang baru –baru ini telah diluncurkan yakni “INDAH” (Izin Mudah UMKM Barokah).

Corri menyampaikan, wujud dari inovasi tersebut adalah memfasilitasi para pelaku UMKM dalam mengurus perizinan berusaha melalui OSS, sambil mempromosikan produknya secara bergilir di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang.

“Para pelaku UMKM akan digilir menyediakan snack berupa makanan bagi pengunjung MPP setiap hari Jumat,” kata Corri, Rabu (10/3).

Corri menyebutkan, inovasi ini sering dengan terbitnya UU Nomor 11 Tahun 2020 dan 51 turunannya terdiri 47 Peraturan Pemerintah dan 4 Peraturan Presiden, khususnya PP Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di mana koperasi dan UMKM akan mendapat sederet kemudahan, mulai dari perizinan sampai perluas pasar.

Sehingga seluruh UMKM di Kota Padang memiliki legalitas perizinan berusaha dalam pengembangan produknya, dan produk UMKM dapat dipromosikan di MPP, karena selama ini dirasakan masih sulitnya akses untuk pengurusan perizinan berusaha bagi UMKM.

“Dengan inovasi ini diharapkan UMKM di Kota Padang akan semakin banyak memiliki legalitas berusaha dan semakin bersemangat dalam meningkatkan kualitas produksinya serta lebih memiliki daya saing,”

(Infopublik).