Hartoyo : Membantu Warga, Kepuasan Bathin Saya

0
228
Hartoyo, Anggota Komisi E DPRD provinsi Jawa Timur, Fraksi Demokrat saat agenda Reses di Pucang Arjo, Kertajaya, Gubeng - Surabaya, Sabtu (6/3/21)

Surabaya NAWACITAPOST – Warga RT02 RW05 Pucang Arjo, Kertajaya – Gubeng patut berbangga mendapat kunjungan Anggota Komisi E DPRD provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Demokrat, Hartoyo S.H., M.H., melalui agenda Reses.

Disaat keterpurukan ekonomi dan sosial, seolah reses Dewan menjadi air sejuk ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Dalam paparannya, Hartoyo menyinggung masalah-masalah dampak Pandemi yang seringkali ditanganinya, seperti PHK massal, kesulitan berobat, hingga terkait dengan pendidikan yang sampai saat ini masih memprihatinkan.

Selain itu, Hartoyo juga berkesempatan memaparkan tugas dan fungsi anggota DPRD Provinsi yang merupakan perwakilan dari rakyat, diantaranya adalah Merancang Undang-undang bersama Gubernur (Legislasi), Membahas dan memberikan persetujuan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi sekaligus sebagai Lembaga pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD.

Nah, sebagai anggota DPRD Provinsi Jatim yang duduk di Komisi E, Dirinya menjelaskan cakupannya dibidang Pendidikan, kesehatan dan ketenaga kerjaan yang secara otomatis akan melakukan koordinasi bersama Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja provinsi Jawa Timur.

Namun, dalam hal Reses, Komisi apapun wajib menerima semua keluhan ataupun aspirasi masyarakat baik terkait masalah Hukum domain dari Komisi A, masalah Ekonomi domain dari Komisi B, masalah Keuangan domain dari Komisi C maupun terkait masalah pembangunan yang merupakan domain Komisi D.

Nantinya, semua keluhan dan aspirasi akan dikoordinasikan dalam interen Lembaga Dewan dan di Paripurnakan bersama Pemerintah Provinsi sebagai pelaksana kebijakan.

Hartoyo mengungkapkan, sebagai wakil rakyat dirinya harus mendengarkan apa yang dikeluhkan rakyat, syukur kalau bisa memfasilitasi penyelesaiannya.

” Sebenarnya, kami ini pelayan njenengan. Kasarane Jongos,” ucapnya, Sabtu (6/3/21).

Semua yang disampaikan masyarakat, baik keluh kesah, ide maupun saran adalah kewajiban anggota Dewan untuk memfasilitasinya.

” Gaji kami dari pajak anda sekalian, maka dari itu njenengan berhak memanggil kami apabila ada permasalahan khususnya terkait hak-hak selaku warga negara,” terang Hartoyo kepada masyarakat yang hadir.

” Insya Allah kalau ketemu saya, semua permasalahan njenengan bisa cepet terselesaikan. Maka dari itu saya tidak akan segan untuk ditelpon langsung, karena saya merasa ada kepuasan bathin untuk membantu,” tandas Hartoyo.

Ditanya terkait Zonasi PPDB, Hartoyo berkeinginan segera memanggil Dinas Pendidikan. Ia merasa, sistem Zonasi wilayah yang diberlakukan untuk SMA saat ini dianggapnya kurang berkeadilan.

Ia mencontohkan, di SMA komplek seperti SMAN 5, banyak siswa yang tidak bisa mengikuti siswa yang lain sehingga banyak diantaranya yang ‘Protol’.

Maka dari itu, Ia akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan provinsi terkait hal ini.

” Saya lebih setuju sistem Zonasi tetap dipergunakan, Namun harus memperbanyak prosentase jalur Prestasi,” ungkapnya.

Sementara, Ustad Zubaer sekretaris RW05 Kelurahan Kertajaya – Gubeng mengaku menerima banyak manfaat atas hadirnya Hartoyo selaku anggota DPRD provinsi Jatim.

Ia berharap, apa yang sudah dikomunikasikan dengan warga dapat menjadi awal bagi kemajuan dan kesejahteraan warga Pucang Arjo. (BNW)