Sengketa Pilkada Nias,  MK Kabulkan Gugatan Pencabutan Pemohon Christian Zebua – Anofuli Lase, Yaatulo Gulo  – Arota  Sah Sebagai Pemenang

0
462
MK adalah lembaga resmi negara yang bersidang melaksanakan Sengketa Pemilu (Pilpres dan Pilkada)

Jakarta, NAWACITAPOST – Pilkada serentak akhir Desember 2020 salah satunya kabupaten Nias telah ditetapkan oleh KPUD Nias pasangan Yaatulo Gulo – Arota menjadi pemenang. Namun UU mengatur, bahwa jika pasangan calon lain tidak puas dipersilahkan menggunakan jalur resmi yang diatur hukum, yaitu bersurat ke Mahkamah Konstitusi (MK)  untuk bersidang sengketa pemilu dalam kaitan ini Pilkada.

Baca Juga : Terkait Pilkada 2020, Tokoh Masyarakat Nias Agustus Gea : Nias Butuh Pemimpin Rendah Hati Juga Piawai

Sehingga, sudah tepat putusan MK, karena memang dari awal Permohonan Pemohon tidak memiliki dasar di ajukan sebagai PHP di MK.

Maka atas dasar penetapan MK yang digelar dalam sidang pleno pada, Senin (15/2/2021).  Menguatkan Keputusan KPUD NIAS yang menetapkan Paslon No.1 Yaatulo – Arota menjadi sah dan mengikat. Berdasarkan Putusan MK, maka KPU Segera menetapkan pemenang Bupati kabupaten Nias.

Maka dari itu MK Menetapkan :

  1. Mengabulkan penarikan kembali permohonan pemohon.
  2. Menyatakan Permohonan Nomor 82/PHP.BUP-XIX/2021 mengenai permohonan  perkara  perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias  Tahun  2020 ditarik kembali.
  3. Menyatakan permohon tidak dapat mengajukan kembali permohonan  a quo;
  4. Memerintahkan Panitera Mahkamah Konstitusi untuk mencatat perihal penarikan kembali Permohonan Nomor  82/PHP.BUP-XIX/2021 dalam buku registrasi  perkara konstitusi Elektronik (e – BRPK).