Pemerintah Desa Turi Pinggir Melakukan Mutasi Jabatan Perangkat Desa

0
185
Foto : Pemerintah Desa Turi Pinggir Melakukan Mutasi Jabatan Perangkat Desa

Jombang, NAWACITAPOST – Mutasi atau pergeseran perangkat desa adalah perpindahan posisi jabatan perangkat desa yang dilakukan oleh kepala desa. Yang mana sebagai upaya penyegaran dalam pelaksanaan tugas – tugas pelayananan di desa. Mutasi perangkat desa juga dilakukan dalam rangka penyesuaian struktur baru organisasi pemerintahan desa yang diatur oleh pemerintah peraturan desa. Pergantian jabatan merupakan dinamika dalam sebuah organisasi. Terlebih sebagai bagian dari wujud pengembangan organisasi dan peningkatan kinerja serta penyegaran jabatan.

BACA JUGA: Peresmian Lapangan Tembak Yasonna H. Laoly Ditandai Penembakan Balon dan Penandatanganan Prasasti YHL

Begitu juga dalam organisasi pemerintahan desa, mutasi perangkat desa adalah hal yang wajar selama dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa. Termasuk pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa oleh kepala desa tentu harus sesuai dengan ketentuan dan hukum berlaku. Peraturan Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Berdasarkan Permendagri No 67 Tahun 2017 ini dijelaskan. Baha perangkat desa diberhentikan karena tiga sebab. Yakni pertama meninggal dunia, kedua atas permintaan sendiri dan ketiga karena diberhentikan.

Foto : Pemerintah Desa Turi Pinggir Melakukan Mutasi Jabatan Perangkat Desa

Pelantikan perangkat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Turi Pinggir merupakan mutasi jabatan dari Kasi Kesra menjadi Sekretaris Desa. Kades (Kepala Desa) Turi Pinggir Nasir Wibowo mengatakan. Tujuan pelantikan tersebut adalah mutasi jabatan untuk mengisi kekosongan sejak bulan Desember. Dikarenakan Sekdes yang lama meninggal dunia. Pengisian ini sangat penting, mengingat kebutuhan Sekdes sangat dibutuhkan dalam menangani pemerintahan desa. “Saudara Muhamad Irfan Alkholis menduduki jabatan baru yakni Sekretaris Desa yang semula sebagai Kasi Kesra. Sehingga dengan adanya Sekretaris Desa sangat dibutuhkan untuk membantu Kades dalam menangani pemerintahan desa,” terangnya kepada Nawacitapost pada Kamis (14/01/2021).