Kebijakan PLN, Diskon Subsidi Di Masa Pandemi

0
183

Tanjungpinang, NAWACITAPOST – Kebijakan diskon atau Subsidi listrik dimasa pandemi diperpanjang sampai Maret 2021. Keringanan biaya listrik ini bisa dinikmati oleh pelanggan PLN dengan tarif rumah tangga daya 450 VA dan 900VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.

Baca Juga : Bantuan Dana UMKM Covid -19 Minim Tersalurkan, Warga atau Pelaku Usaha tertanya tanya

Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban kelompok masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menindaklanjuti kebijakan pemerintah tersebut, PLN menyatakan siap untuk melanjutkan dan menyukseskan penyaluran stimulus tersebut.

Manager UP3 Tanjungpinang Suharno menjelaskan Bagi pelanggan rumah tangga, program ini memberikan diskon 100 persen (biaya pemakaian dan biaya beban), maksimal setara dengan 720 jam (324 kwh) kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA, dan diskon kepada 50% (biaya pemakaian dan biaya beban), maksimal setara dengan 720 jam nyala (648 kWh) untuk kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.

 

Demikian juga untuk pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA akan diberikan 100 persen tagihan listrik”. Ucapnya kepada media Kamis (14/1/2021).

“khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial, jadi tidak semua pelangan 900 VA dapat subsidi listrik, R1/900 yang dapat diskon 50%, yang R1M/900 ya tidak dapat karena dinilai pemerintah mampu, jadi kalau ada M (R1M/900) ya gak dapat ya”. ujar Suharno

Sama seperti sebelumnya, bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung dipotong tagihan masing-masing pelanggan, sementara untuk pelangan prabayar atau yang menggunakan sistem token dapat mengakses di 3 kanal resmi PLN, yaitu dari website resmi PLN https://stimulus.pln.co.id/ , Via WhatsApp 0812-2123-123 dan via PLN Mobile yang di download di playstore atau app store dari ponsel gengam,

“Agar di maklumi dan dimengerti kebijakan ini, Demi Kepentingan kita bersama.”Tuturnya.

(Yosdarson Daeli)