Kota Pontianak IPM Tertinggi di Kalbar Skor 79,44

0
329
Kota Pontianak IPM Tertinggi di Kalbar Skor 79,44

Pontianak, NAWACITAPOST-  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak dinilai tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Tahun 2020. Dari 14 kabupaten/Kota se-Kalbar, Kota Pontianak meraih skor 79,44. Capaian itu berdasarkan hasil yang dirilis Badan Pusat Statistik Provinsi Kalbar.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebutkan. Bahwa ada dua sektor yang menjadi prioritas untuk mempertahankan dan meningkatkan IPM di Kota Pontianak, yakni sektor pendidikan dan kesehatan. Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berupaya memaksimalkan kedua bidang tersebut dalam meningkatkan IPM.

“Sektor kesehatan dan pendidikan menjadi prioritas kita dalam meningkatkan IPM,” kata Edi, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga : Bhabinkamtibmas Polsek Cilegon Sambangi Warga Binaannya, Sampaikan Pesan Kamtibmas

Menrut Edi, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ditentukan oleh dua sektor tersebut sebab pengaruhnya besar terhadap peningkatan IPM. Pontianak meraih IPM tertinggi di Kalbar karena dari sisi harapan lama sekolah tertinggi yakni 15 tahun.

“Dengan kondisi IPM Kota Pontianak yang terus naik dari tahun ke tahun, dapat diartikan bahwa pembangunan manusia di Kota Pontianak cenderung semakin baik,” tutur Wali Kota.

Sementara, E.Kamtono mengatakan, pihaknya terus berupaya mendongkrak IPM tahun-tahun berikutnya. Selain itu tak kalah pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. “Sehingga pertumbuhan ekonomi juga meningkat dan angka pengangguran bisa ditekan,” imbuhnya.

Dijelaskan Kamtono, masih ada beberapa permasalahan Kota yang menjadi pekerjaan rumah seiring dengan bertambahnya penduduk Kota Pontianak yang saat ini sudah tercatat 670.859 jiwa. Namun menurutnya, permasalahan tersebut tidak bisa dituntaskan dalam tempo setahun atau dua tahun, dan tidak hanya oleh pemerintah saja, melainkan harus semua pihak.

“Mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan khusunya warga Kota Pontianak juga harus mendukung,” pungkas Kamtono.

Reporter Pontianak : Paulus Laja