13 Ribu Vaksin Sinovac Untuk Kepri Tiba Di Tanjungpinang 

0
404

Tanjungpinang, NAWACIPOST – Sebanyak 13 ribu Vaksin covid -19 buat provinsi Riau akan tiba di Tanjungpinang, Selasa (4/1/2021).

Baca Juga : Himpunan Melayu Raya Dirikan Posko dan Bantu Korban Bencana Tanjungpinang

Kepala Dinas Kesehatan M Bisri mengatakan Vaksin tersebut akan tiba besok di Tanjungpinang dan langsung kita bawa ruang penyimpanan yang sudah di sediakan, belakang RSUD, jalan  kesehatan, Riau, Senin (4/1/2021).

Vaksin COVID-19 yang tiba pada tahap pertama ini, imbuh Bisri, diperuntukkan bagi 12 ribu tenaga kesehatan (nakes) se-Kepri. Kita akan membagi dan mendistribusikan ke kabupaten/kota sesuai dengan jumlah nakes yang akan diberikan vaksin COVID-19, Kabupaten dan Kota juga ada penyimpanan vaksin sendiri,”ucapnya

Bisri menjelaskan, saat ini pihaknya belum mendapat arahan mengenai jadwal pemberian vaksin tersebut dari pemerintah pusat.

“Kita distribusikan dulu untuk nakes ini. Mengenai jadwal pemberiannya, kita tunggu arahan pusat,” tuturnya

Menurut Bisri, sesuai dengan kebijakan pusat Kepri memperoleh jatah kuota vaksin sebanyak 1,4 juta dosis. Namun, untuk pendistribusiannya dilakukan secara bertahap.

Untuk diketahui, Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran Rp 35 miliar pada APBD 2021 untuk mendukung pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 dari Pemerintah Pusat.

Berdasarkan surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Nomor SR.02.06/II/0950/2020 tertanggal 19 Oktober ke seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi tentang pemberitahuan rencana pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19.

“imunisasi COVID-19 itu akan diberikan kepada kelompok rentan usia 18-59 tahun, terdiri dari tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan petugas pada fasilitas tenaga kesehatan.Kemudian, petugas pada pelayanan publik, seperti anggota TNI/Polri, petugas bandara dan pelabuhan, Selanjutnya, petugas pemadam kebakaran, petugas PLN dan petugas PDAM.”pungkasnya. Yos Daeli