Perda ODOL Di PT IKKP Perawang Sudah Diberlakukan, Angkutan Tak Sesuai Diberi Sanksi 

0
173

Siak, NAWACITAPOST – Terkait angkutan orang dan barang, Dinas Perhubungan Kabupaten Siak kembali melaksanakan Sosialisasi Perda tentang Over Loading Over Dimension (ODOL) dan Undang Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009, di Aula Mess Bunut PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang, Kamis (31/12/2020).

Baca Juga : Kapolsek Tualang M Faizal Naik Pangkat Dari AKP menjadi Kompol

Sosialisasi yang berlangsung penghujung akhir tahun 2020 itu, diikuti 30 dari 200 mitra kerja PT  IKPP Perawang, yang beroperasi di Perawang Mill. Jadi tak mencapai 50 persen dari mitra kerja yang ada.  Padahal Dishub Siak terus berupaya dalam menertibkan angkutan melebihi muatan sesuai aturan Perda Siak Nomor 8 Tahun 2019.

Selain melakukan penertiban angkutan yang melebihi muatan, Dishub Siak juga telah mensosialisasi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Orang dan Barang.

Pj Kadishub Siak Junaidi SE MM mengucapkan terimakasih kepada pihak PT IKPP Perawang yang telah mengundang mitra kerja untuk mengikuti Sosialisasi Perda ODOL maupun Angkutan Orang dan Barang.

“Kami selaku pengawas, kita hanya menjalankan aturan untuk dilakukan sebagai upaya keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas,” tutur Junaidi.

Januari 2021 ini sudah diberlakukan aturan tentang angkutan orang dan barang. Angkutan yang tidak sesuai maka akan diberikan sanksi.

Pasalnya, “sosialisasi, dan imbauan ini telah kita sampaikan jauh hari. Jadi, kami Dishub, Satlantas maupun perusahaan telah melakukanya secara persuasif,” tandasnya.

Sementara itu, managemen Investor Relation (IR) PT IKPP Perawang Zulfikar mengatakan, terkait mitra kerja yang tidak hadir saat ini, sebab dalam kondisi pandemi covid-19.

“Setelah kita koordinasi sama Bapak Kadis, kita tetap menjalankan protokol kesehatan, dimana kita hadirkan tidak lebih dari 100 mitra kerja, ternyata yang hadir 30 (khusus angkutan orang), dan Pak Kadis menyetujui ” kata Zulfikar.

Untuk kegiatan ini gelombang kedua  masih dikomunikasikan dengan Kadis Siak, ujarnya.

“Inikan baru sosialisasi yang dilaksanakan pada (31/12/2020), saya Pikir kenapa tidak, karena kedepan saya akan memberikan sosialisasi kepada mitra kerja kita, sesuai dengan Perda yang disampaikan pak kadis tadi,” pungkas Zulfikar. Sokhiaro Halawa