Siak, NAWACITAPOST – Melalui program pemberdayaan dana APBN Tahun 2020 khususnya di Kampung Bukit Harapan (6 Kelompok), Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Riau, telah memberikan Kambing untuk diternakan sebanyakk 54 ekor, Jumat(25/12/2020).

Baca Juga : Bupati Siak Alfedri Secara Aklamasi Terpilih Jadi Ketua DPW PAN Riau

Kepala kampung bukit Harapan Lasmi menyampaikan kepada awak media bahwa bantuan dari pemerintah berupa Kambing untuk diternakan  dan langsung diserahkan kepada Ketua enam (6) yang diterima ketua kelompoknya,  yaitu ; Kelompok 1 Soyo Mekar, Kelompok 2 Usaha Makmur, Kelompok 3 Sidodadi, Kelompok 4 Setia Rejeki, Kelompok 5 Sopo Nyono, dan Kelompok 6 Sawit Mas. Setiap kelompok menerima delapan (8) ekor betina dan satu (1)  jantan, ujarnya.

Diharapkan dengan pemberian kambing kepada 6 kelompok dapat membantu meningkatkan pendapatan, jelas Lasmi yang mudah seyum dan ramah kepada masyarakatnya.

Jadi sambil menunggu perkembangan kita juga akan membentuk kelompok peternak, dan secara terus menerus, minimal 1 tahun, kita akan melakukan pendampingan, pungkasnya.

Lasmi menambahkan dalam bentuk bantuan ternak kambing sengaja dipilih karena disesuaikan dengan aktivitas warga setempat. Disisi lain, susu yang dihasilkan dari kambing juga dipastikan mampu menambah pendapatan masyarakat. Kotoran yang dihasilkan juga bisa dijadikan pupuk guna mendukung pola pertanian organik yang dilakukan petani.

Lanjut Lasmi, dalam penerimaan bantuan ternak kambing ini,Pemerintah mengangarkan dari APBN Pusat Tahun 2020 berharap bantuan ini bisa mendongkrak populasi kambing guna swasembada daging kambing di Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan,Kabupaten Siak.

Diharapkan dengan adanya program pemberdayaan khususnya ternak kambing ini mampu meningkatkan ekonomi keluarga khususnya kampung bukit harapan,, apalagi dlm menghadapi pandemi seperti sekarang ini, ditambah lagi masa2 yg sulit saat replanting di kampung kami semoga ini bermanfaat bagi kelompok ternak tersebut,” Ungkap Lasmi, Sokhiaro Halawa

Baca juga :  Bupati Siak Alfredi Tegaskan Masyarakat Patuhi Instruksi Presiden Jokowi