Waspada Covid-19 jenis baru, Ketua Fraksi PSI Surabaya Ajak Aktifkan Kampung Tangguh

0
206
Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, William Wirakusuma

Surabaya NAWACITAPOST – Penemuan covid 19 jenis baru di Inggris dan dikabarkan sudah masuk ke Malaysia dan Singapura menjadi perhatian Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya, William Wirakusuma. Dalam keterangannya hari Minggu (27/12), William meminta agar Pemerintah Kota Surabaya dan warga Kota Surabaya agar waspada dan mulai mengaktifkan kembali kampung tangguh.

“Pemerintah Inggris telah mengonfirmasi varian baru kedua yg sebelumnya diidentifikasi di Afrika Selatan muncul di Inggris. Di beberapa negara lain juga sudah teridentifikasi, beberapa diantaranya adalah Singapura, Malaysia dan Hongkong. Warga harus lebih waspada dan taat protokol kesehatan.” Kata William, politisi Partai Solidaritas Indonesia itu.

Menurut William, Pemerintah Kota harus memperketat jalur perbatasan Kota Surabaya dengan melakukan pemeriksaan lebih ketat lagi dan memberlakukan larangan masuk kota Surabaya bagi penumpang yang berasal dari negara-negara dimana tempat virus covid 19 jenis baru sudah teridentifikasi.

“Pemerintah Kota harus mengambil langkah cepat, begitu ditemukan di Inggris beberapa negara di Eropa memberlakukan langkah pelarangan penumpang dari negara yang telah mengidentifikasi virus baru tersebut ada. Jerman, Belgia dan Belanda sudah memberlakukan larangan tersebut” lanjut William, politisi PSI yang pernah tinggal di Jerman selama 9 tahun itu.

Peran warga melalui kampung tangguh juga merupakan bagian penting dalam mencegah persebaran virus covid 19 di Surabaya, William meminta agar para ketua RW mulai mengaktifkan kembali kampung tangguh.

“Belum lagi dampak liburan akhir tahun, banyak warga Surabaya yang pergi liburan. Agar setelah libur akhir tahun covid tidak tersebar, maka langkah melakukan micro lockdown adalah hal yang sangat penting.” ujar William

Fraksi Partai Solidaritas Indonesia DPRD Kota Surabaya sejak awal covid masuk Surabaya selalu mengusulkan adanya micro lockdown per RT, menurut William langkah tersebut sangat efektif dan efisien dalam mencegah persebaran virus covid-19.

“Jadi begitu di suatu wilayah RT terdapat pasien positif maka semua warga RT tersebut harus diswab dan sementara menunggu hasil swab maka wilayah tersebut di lockdown. Dan Pemerintah Kota Surabaya selama itu memberikan makanan bagi warga tersebut atau RW dan wilayah RT lainnya membantu.” Lanjut politisi muda PSI tersebut.

Virus covid 19 jenis baru ini diyakini 70 persen lebih menular dan memiliki gejala yang baru. Varian ini sudah diidentifikasi di Inggris, Belgia, Belanda, Denmark, Irlandia Utara, Australia, Malaysia, Singapura dan Hongkong.

“Karena itu ayo sama-sama jogo Suroboyo, jangan sampai virus covid 19 jenis baru ini tersebar di Surabaya. Jaga Protokol Kesehatan, Jaga Jarak, Pakai Masker, Cuci Tangan.” Pungkas William.