Warga Desa Bangsri Plandaan Keluhkan Adanya Pabrik Pengolahan Bulu Ayam

0
332
Foto : Warga Desa Bangsri Plandaan Keluhkan Adanya Pabrik Pengolahan Bulu Ayam

Jombang, NAWACITAPOST – Menanggapi postingan yang beredar di sosmed (sosial media) akun aplikasi facebook pada (26/12/2020), milik salah satu warga setempat bernama Sukamad mengeluhkan tentang keberadaan pabrik pengolahan bulu ayam. Warga Desa Bangsri Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, yang tinggal di sekitar pabrik pengolahan bulu ayam mengeluhkan keberadaan pabrik pengolahan bulu ayam yang kerap mengeluarkan aroma tak sedap.

 

“Desa Bangsri sudah tidak nyaman lagi semenjak ada pabrik penggilingan atau pengolahan bulu ayam yang baunya sangat tidak enak. Yang berlokasi di dusun Jambe. Padahal di kecamatan lain ada penolakan. Belakangan ini kami harus menghirup aroma tak sedap dari penggilingan bulu ayam,” keluh Sukamad. Sementara Karyoto selaku Staf Produksi pabrik milik PT. Sayap Mas, saat dikonfirmasi awak media di kantornya pada (27/12/2020) mengatakan.

 

Karyoto menjelaskan bahwa PT. Sayap Mas merupakan pengolahan limbah bulu ayam yang dijadikan bahan pakan ternak. Dia pun menjelaskan mengenai bau yang dikeluhkan warga. “Ini memang sepuluh hari atau seminggu yang lalu karena memang hujan. Kita tidak bisa menjemur, jadi bisanya diopen. Waktu  kap opennya dibuka, itulah yang menimbulkan bau. Kemudian waktu itu ada panas beberapa hari, yang basah kita jemur. Memang cara prosesnya seperti itu. Dan warga juga kita kasih tahu mohon maaf karena ini juga lagi musim hujan,” jelasnya.

 

 

Lebih lanjut, Karyoto menjelaskan mengenai rencana produksi yang akan dilakukan sudah terlebih dahulu melakukan koordinasi. “Sebelum kita mulai produksi, kita sudah melakukan kordinasi bersama warga satu dusun. Sudah tidak ada yang keberatan semua. Karena kita pada saat itu juga mengajak beberapa warga ke perusahaan sejenis di tempat lain. Dan dalam kegiatannya setelah kita bangun, ya memang ini kan baru pak, sebelum on semua sudah kita trial,” bebernya.