Siak, NAWACITAPOST – Operasi penindakan terhadap masyarakat yang mengabaikan dan melanggar protokol kesehatan (prokes) terus digencarkan pemerintah. Seperti yang dilakukan Polres Siak bersama TNI dan Satpol PP melakukan operasi di pos Dinas Perhubungan di Wilayah KTL Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga : Buka Rakernas JKPI, Bupati Alfredi : Mengusulkan Siak Ditetapkan Sebagai Situs Warisan Dunia

Kapolres Siak AKBP Dody Ferdinan Sanjaya SIK melalui Kasatreskrim POLRES Siak AKP Noak Aritonang SIK didampingi KBO IPTU Firman kepada awak media ini menjelaskan bahwa dalam kegiatan itu mendampingi Satpol PP Di Siak dalam penegakan Peraturan Daerah terkait prokes.

“Perda kabupaten Siak no.4 tahun 2020 tentang penanganan penyakit menular, juga sesuai Sprint Kapolres Siak nomor:sprin/1289/XII/HUK.6.6/2020 tanggal 18 Desember  2020 tentang Giat Operasi Yustisi di wilayah Siak, kita mendampingi penegakan Perda,” kata mantan Kanit Reskrim Polsek Siak.

Noak menjelaskan pelaksanaan kegiatan Operasi Yustisi berupa penindakan terhadap pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Hasil pelaksanaan ditemukan 13 orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang selanjutnya dilakukan penindakan berupa, Melakukan tilang tipiring dengan Mengamankan KTP pelanggar sebanyak 2 lembar, Membuat Surat Pernyataan sebanyak 11 surat,” kata Perwira yang pernah juga Kanit Reskrim Polsek Kerinci Kanan.

Lanjut IPTU Firman, Terhadap pelanggar dikenakan pasal 26 jo pasal 19 ayat 1 huruf b perda Kabupaten Siak nomor 4 tahun 2020 tentang Penanganan penyakit menular. “Kegiatan ini sudah dua hari dilaksanakan,” katanya.

Selain itu kata KBO, ia juga tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Untuk mencegah penularan Covid-19 kami mengimbau kepada masyarakat tetap mematuhi prokes , tetap gunakan Masker setiap keluar rumah, mencuci tangan, menghindari kerumunan,” tandas Firman. sokhiaro halawa

Baca juga :  Perkuat Sinergi Penegakan Disiplin Personel TNI - Polri, Danpuspom AD Disambangi Kadiv Propam Polri