Apel Operasi Lilin 2020, Kapolres Siak : Ini 7 Amanat Kapolri

0
219

Siak, NAWACITAPOST – Kapolres Siak,AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya,SH,SIK,MIK memimpin apel gelar pasukan operasi lilin 2020. Melibatkan 120 orang terdiri dari berbagai lembaga yang ada di wilayah Siak. Selain Polisi, TNI, Satpol PP, Dishub, dan lain-lain.

Baca Juga : Polres Siak Gelar Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes Dikenakan Sanksi 

Dalam sambutannya Kapolres Siak membacakan 7 amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME;

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat;

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021.

 

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi

Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Berdasarkan prediksi intelijen, terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, yaitu aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvoi, dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

Berkaitan dengan hal tersebut, seluruh Kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan masing-masing daerah.

Sebelum mengakhiri amanat ini, Kapolres Siak mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2020.

Teriring doa semoga Pengabdian tugas yang ditunjukkan dalam pelaksanaan operasi ini, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Tak lupa, pada kesempatan yang baik ini Kapolres Siak juga mengucapkan selamat Hari Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021.

Hadir dalam apel tersbeut Bupati Siak Alfredi dan Muspida lainnya. sokhiaro halawa