Studi Banding ke RSUP Djamil Padang, Walikota Irsan : Agar Kualitas Pelayanan Kesehatan RSUD Kota Padangsidimpuan Meningkat Pesat

0
399

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST –  Kesehatan itu mahal tak ternilai harganya. Apalagi disaat pandemi Covid -19. Begitulah pameo dan kabar nyata yang selalu kita dengar, bicarakan dan mungkin kerap kita alami secara tak langsung dan langsung.

Baca Juga : Enam Kelompok Tani Kota Padangsidimpuan Dapat 1200 Ayam dan Itik dari Bantuan Stimulus Gubernur Sumut  

Supaya orangnya sehat. Perlu ditunjang dengan Rumah Sakit yang berkualitas dan segala halnya. Itulah yang dilakukan Walikota Irsan Efendi Nasution SH ketika melakukan studi banding ke RSUP Dr M Djamil Padang, Sumatera Barat, Senin (14/12/2020).

Irsan memimpin langsung rombongan studi banding RSUD Padangsidimpuan ke RSUP Djamil Kota Padang. idampingi Plt. Direktur RSUD Kota Padangsidimpuan, Sopian Subri Lubis dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Padangsidimpuan, Moh. Ary Junaedy Lubis beserta jajaran RSUD Kota Padangsidimpuan diterima langsung oleh Dirut RSUP. Dr. M. Djamil Padang, Dr. dr. YUSIRWAN, Sp.B, Sp.BA (K), MARS.

Studi itu dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan manajemen pelayanan kesehatan di RSUD Kota Padangsidimpuan. Senin, (14/12/20).

Pada kesempatan tersebut Walikota Irsan menjelaskan keadaan yang sudah stagnan dan berbagai masalah yang dihadapi Pemkot dan RSUD, untuk itu studi banding ini dilakukan untuk dapat membenahi pelayanan, pengelolaan manajemen, sarana dan prasarana di RSUD Kota Padangsidimpuan.

“Relatif selama lima tahun terakhir ini, semenjak saya menjabat sebagai anggota DPRD hingga Jadi kepala daerah, saya sudah memahami kondisi RSUD Padangsidimpuan dengan seluruh permasalahan yang sangat klasik dan kami hampir tidak bisa keluar dari permasalahan itu, semoga kunjungan ini bisa menjadi awal untuk kami keluar dari permasalahan ini” jelas Wako Irsan.

Beliau juga menjelaskan, Kota Padangsidimpuan merupakan episentrum bagi empat kabupaten penyangga yaitu Kabupaten Tapsel, Madina, Palas dan Paluta yang secara otomatis Padangsidimpuan menjadi tujuan untuk fasilitas pelayanan kesehatan.

“Oleh karena Kota Padangsidimpuan menjadi tujuan untuk fasilitas pelayanan kesehatan, masalah yang dihadapi RSUD menjadi semakin kompleks dikala pada Maret lalu, ketika kita menghadapi dinamika Covid-19, RSUD Padangsidimpuan yang dengan segala keterbatasannya ditunjuk menjadi Rumah Sakit Rujukan dan akhirnya dengan segala keterbatasan dan kemampuan yang kita miliki, kita siapkan RSUD kita itu memiliki ruang isolasi dan sebagainya” ujarnya.

Irsan berharap kepada seluruh jajaran RSUD Padangsidimpuan yang ikut dalam Studi banding ke RSUP Dr. M. Djamil, agar sekiranya dapat menerapkannya di RSUD seperti pelayanan, manajemen dan lain sebagainya.

“ Saya berharap, kepada seluruh jajaran RSUD yang ikut studi banding ini, agar bersungguh- sungguh mengikutinya dan kiranya dapat menerapkannya guna menunjang pelayanan yang lebih maksimal dan lebih baik kedepannya” Harap Wako Irsan.

Menanggapi hal tersebut, Dirut RSUP. Dr. M. Djamil Padang, Dr. dr. Yusirwan, Sp.B, Sp.BA (K), MARS. Mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kunjungan tersebut dan meminta jajarannya agar tamu dilayani dan difasilitasi.

“ ini merupakan suatu kehormatan mendapat kunjungan dari RSUD Padangsidimpuan yang diketuai langsung oleh Bapak Walikota, saya meminta kepada seluruh jajaran RSUP Dr. M. Djamil untuk melayani dan memfasilitasi tamu kita” pintanya.

Yusirwan menambahkan bahwa dirinya sudah 10 (sepuluh) tahun lebih berada di manajemen Rumah Sakit dan menilai masalah yang sangat krusial dan yang sangat sulit dilakukan adalah permasalahan dari Pemerintah Daerahnya sendiri dan dalam hal ini Dirut RSUP Dr. M. Djamil memuji langkah yang dilakukan oleh Walikota.

“ Kalau menurut saya, Pak Wali ini sudah melebihi Dirutnya sendiri ” pujinya, “ ada satu atensi, cara beliau menyampaikan bagaimana detail keadaan RSUD beliau tahu, ini satu poin, artinya apapun nanti yang kita minta untuk pengembangan saya rasa pasti dituruti ” ucap Yusirwan.

“ Dan untuk pembangunan Rumah sakit daerah bila Pemda sudah restu seperti ini, Haqqul yakin saya, itu berkembang “ tutup Yusirwan.

Selanjutnya rombongan studi banding melaksanakan Hospital tour di RSUP Dr. M. Djamil dengan bidangnya masing-masing. yarman/Humas Pemkot Padangsidimpuan