Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan Anugerah KPI 2020 dari Ketua KPI, Agung Suprio di Jakarta, Kamis (10/12/2020). Foto: Istimewa

Jakarta NAWACITAPOST – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menerima penghargaan dari Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020. Penghargaan dari kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran itu diterima Khofifah secara langsung dari Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, di Gedung Perpustakaan Nasional RI Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Khofifah mengatakan, dalam menjalin kerjasama dengan media televisi dan radio pihaknya menggunakan cara penthahelix approach atau pendekatan pentahelix. “Jadi radio komunitas serta radio dan televisi di daerah, kita maksimalkan pentahelix approach atau pendekatan pentahelix. Ada pemerintah, kampus (akademisi), masyarakat, dan kemudian disitu ada media massa,” jelasnya.

Menurutnya, peran radio dan televisi luar biasa dalam membantu menyebarkan informasi kebijakan pemerintah pada masyarakat. “Terutama yang terkait dari dampak pandemi Covid-19. Terkait kehati-hatian dan penerapan protokol kesehatan ketat,” katanya.

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga bercerita terkait kedekatannya dengan media televisi dan radio. “Setiap hari Minggu, saya bersama Kapolda dan Pangdam gowes bareng. Kami juga melibatkan instansi vertikal seperti BI, BPN, dan OJK. Kami sempatkan setiap gowes untuk singgah di radio-radio yang kita lewati untuk menyosialisasikan kebijakan pemerintah terkait dampak dari Covid-19 terutama untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masing-masing daerah,” ungkapnya saat sambutan.

Saat gowes, ia juga membagikan alkes untuk menghindari penyebaran Covid-19. Mulai dari masker dan teman-temannya seperti hand sanitizer, disinfektan termasuk APD (alat perlindungan diri) seperti baju hazmat pada media yang dikunjungi.

Ia juga mengimbau pada para pekerja media baik televisi dan radio untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. “Salam sehat untuk radio-radio PRSNI, terutama televisi. Jangan sampai kita terpapar oleh Covid-19. Salam sehat sukses semuanya,” harapnya.

Baca juga :  BMKG: Titik Panas Sumatera Selatan Berkurang

Tak lupa Khofifah juga mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang diberikan KPI pada Pemprov Jatim. “Terima kasih pada KPI dan mudah-mudahan terus sukses,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Gubernur Khofifah dalam menerima penghargaan, yakni Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Jatim, Abimanyu Ponco Atmojo, Kadis Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto serta Ketua KPID Jatim, Afif Amrullah. (BNW)