Desa Kebonduren Dorong Peningkatan Potensi Peternakan Ayam Bertelor Buras

0
161
Desa Kebonduren Dorong Peningkatan Potensi Peternakan Ayam Bertelor Buras

Blitar, NAWACITAPOST – Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok dalam memaksimalkan potensi yang ada didesa agar terwujud perkembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat terus memberdayakan masyarakat di Desa Kebonduren.

Kepala Desa Kebonduren Sukarman mengatakan pada Minggu (6/12/2020). Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pemerintah desa dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada, agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan desa.

“Sasaran dalam program pemberdayaan masyarakat ini mencakup semua bidang, mulai dari pemerintahan, kelembagaan, kesehatan, ekonomi masyarakat, teknologi, dan pendidikan,” kata Sukarman.

Baca Juga : Tanpa Kenal Lelah, Polisi Bubarkan Kerumunan Warga Ditengah Pandemi Covid-19

Dengan adanya pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Pemerintah desa terus berupaya memberdayakan masyarakat desa dengan pelatihan-pelatihan peternakan dan pruminansia.

“Pemerintah Desa Kebonduren telah memberikan bantuan berupa mesin pencacah rumput  kepada kelompok peternak untuk pakan peternak yang ada didesa. Dimana limbahnya dapat dimanfaat menjadi pakan ternak, dapat meningkatkan produksi bagi kelompok peternakan yang ada didesa,” tutur Sukarman.

Lebih lanjut Sukarman menjelaskan, di dukuh Subantoro salah satu potensi desa yaitu peternakan Ayam Bertelor Buras. Potensi yang ada di desa kebonduren dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk permintaan telor ayam pengirimannya ke wilayah Jakarta dan Kalimantan.

Pada tahun 2021 pemerintah desa akan memberikan pelatihan dan pembinaan guna pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan masyarakat sudah tertuang dalam RAPBDes dimana untuk pelatihan pertanian.

“Semoga masa pandemi segera berakhir, sehingga perekonomian kembali normal dan pertumbuhan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat meningkat.,” pungkas Sukarman. (adv/kmf/fm)