Herlen Manurung : Tujuan Simulasi Supaya Pencoblosan Aman dan Tidak ada Klaster Baru di Covid -19

0
110

Siak, Nawacitapost.com – Bertempat di halaman Kantor Kampung Perawang Barat.  PPK,Bawaslu Tualang, serta Kapolsek setempat menerapkan Simulasi Pencoblosan kepada  9 desa yang ada di Kecamatan itu, Jumat (5/12/2020).

Baca Juga : Kapolres Siak Perintahkan Personelnya di Rapid Tes Untuk Pengamanan 9 Desember

Dikarenakan situasi  Covid 19, maka simulasi itu hanya diikuti  perwakilan setiap desa hanya satu orang, Jum’at,(05/12/2020).

Ketua PPK kecamatan Tualang Harlen Manurung menegaskanbahwa  simulasi ini diadakan untuk memastikan setiap proses berjalan dengan baik. Selain membawa surat undangan dan membawa KTP. Lalu memakai masker, mencuci tangan hingga memakai sarung tangan plastik. Selesai mencoblos warga juga tetap diberi tinta namun tidak mencelupkan jari melainkan diteteskan.

dan penerapan protokol Covid. 19. Jika ada yang melanggar, tanpa kecuali akan diambil tindakan sesuai aturan yang ada. Juga dilarang membawa HP ke bilik suara.

Simulasi mempraktekan bagaimana warga dan petugas,TPS  menerapkan protokol kesehatan dari mulai memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Setelah ditetesi tinta, warga juga kembali mencuci tangan di tempat yang disediakan oleh petugas. Mereka yang kedapatan bersuhu lebih dari 37,3 derajat akan tetap mencoblos namun di bilik khusus dan petugas berpakaian hazmat. Simulasi pada Jumat (5/12/2020) nanti persis sama pada pencoblosan 9 Desember nanti.

Kapolsek AKP M Faiza Ramzani,SH,.S.iK,.MH mengatakan simulasi yang di lakukan bertujuan agar masyarakat mengerti bagaimana petugas KPPS dan KPU melaksanakan  pencoblosan di masa pandemi Covid-19.

Berharap dengan simulasi yang menerapkan protokol kesehatan, tidak ada klaster penularan pada saat pilkada serentak 9 desember mendatang,” Ungkapnya,” Sokhiaro Halawa