Terkait Sumur Bor, Walikota Irsan : Berharap Hibah Serupa dari Kementrian ESDM

0
225

Padangsidimpuan, NawacitaPost : Kementerian ESDM melalui Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) memberikan hibah barang tahun 2019 yang berada di Kota Padangsidimpuan kepada pemerintah setempat.

Baca Juga : Wakil Walikota Arwin : Pemkot Padangsidimpuan Sudah Punya 111 Sertifikat

Hal itu dilakukan melalui kerjasama penandatangan antara Walikota Irsan dan Dirjen Energi Terbarukan dan Konservasi Energ, yang berlangsung di Intercontinental Hotel Bandung. Maka, penandatangan itu menjadi tanggungjawab Pemkot setempat, Kamis (3/12/2020).

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono Kementrian ESDM menyebut hingga tahun 2019 PATGTL berhasil membangun 2.919 unit sumur bor dengan kapasitas debei air 145,95 juta m3/tahun dengan layanan yang tercakup 6,6 juta orang.

Setiap pembuatan sumur bor yang dilakukan pihak ke-3, selain  lelang terbuka. Keterlibatan masyarakat dan pemkot dilibatkan.

Pada kesempatan tersebut kementrian ESDM menyerahkan 88 unit sumur bor air tanah dalam dan 8 titik sumur, dengan tujuan, supaya  kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi, serta 125 lampu penerangan jalan umum (LPJU),kepada Pemkot  setempat.

Eko menambahkan, sumur bor dan LPJU kiranya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga berguna bagi masyarakat. Sebab hal tersebut merupakan prioritas utama  kementrian ESDM yang bisa dirasakan langsung masyarakat.

Sementara itu Irsan menegaskan, kerjasama itu ada yang dilakukan melalui pembiayaan APBD, seperti PJU Solar Cel tersebut berfungsi dengan baik, Oleh karena itu tentu dibutuhkan komitmen pembiayaan melalui APBD, sehingga semua PJU Solar Cell tersebut senantiasa berfungsi dengan baik.

Meski telah dihibahkan, namun Wako Irsan masih berharap bantuan hibah serupa dari Kementerian ESDM pada tahun-tahun mendatang, mengingat masih tingginya kebutuhan terhadap penerangan jalan umum tenaga surya di wilayah Kota Padangsidimpuan.

Acara tersebut dihadiri sejumlah perwakilan dari daerah penerima hibah, Plt.Bupati Kabupaten Siak Dr Indra Agus Lukman AP, M.Si, Pjs.Walikota Banjar Baru Bernhard E Rondonuwu, Para Sekretaris Daerah dan para Kepala Dinas Pemerintah Kab/Kota, dan Kementrian ESDM dengan bidang terkait. (Humas Pemkot Padangsidimpuan /yarman)