Peran UMKM Desa Langon Meningkatkan Produk Unggulan Desa

0
209
Peran UMKM Desa Langon Meningkatkan Produk Unggulan Desa

Blitar, NAWACITAPOST- Desa Langon Kecamatan Ponggok memaksimalkan peningkatan produk unggulan yang ada di Desa untuk mewujudkan perkembangan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Langon.

Produk Keunggulan Desa Langon adalah Minyak Atsiri Kenanga dan Olahan Makanan.
Dalam meningkatkan kualitas masyarakat, pemerintah Desa Langon terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat melalui beberapa program. Hal ini dianggap penting karena dapat meningkatkan mutu hidup masyarakat di berbagai bidang. Seperti salah satunya adalah bidang ekonomi Industri Kecil Menengah.

Kepala Desa Langon Muhammad Yasin saat ditemui mengatakan pada Kamis (3/12/2020) Di desanya ada dua produk unggulan yaitu Minyak Atsiri kenanga dan Olahan Makanan Eggroll.

Baca Juga : Sat Narkoba Polres Cilegon Berhasil mengamankan Narkotika Jenis Sabu

“Untuk Minyak Atsiri pemasarannya ke Sumatera hingga di eksport ke luar negeri seperti Singapura. Begitu juga Home Industri dengan Produk olahan makanan yang ada sekarang ini berbagai macam olahan seperti dari Kecimpring, Eggroll dan Brownis , disini olahan makanan terbuat dari buah WALO,” kata Yasin.

Lebih lanjut Yasin menjelaskan. Dukungan Pemerintah Desa Langon sangat mengapresiasikan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada didesa, bisa dibilang sangat strategis bagi peningkatan perekonomian masyarakat desa. Produk Unggulan Desa Langon juga diikutsertakan dalam pameran-pameran yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar.

“Pemerintah Desa terus berkoordinasi dengan Disperperindag dan Dinas terkait di Kabupaten Blitar dalam pemasaran dan pengenalan produk unggulan olahan makanan khas desa langon disetiap event Propinsi dan Nasional.Sehingga produk unggulan desa langon dapat dikenal diderah lain,” jelas Yasin.

Yasin menambahkan akan memberikan pelatihan-pelatihan dan pemberdayaan masyarakat pengelolaan pasca panen jagung. Semua ini merupakan program-program pemerintah desa tahun 2021 kedepannya dalam pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pemerintah Desa dan pelaku UMKM agar dapat terus dibimbing dan pembinaan oleh Pemerintah Daerah dalam pelatihan manajemen pemasaran dan kualitas dikemasan produk unggulan,”ungkapnya.(adv/kmf/fm)