Kapolda Riau  Irjen Agung :  Wujudkan Pilkada Aman dan Damai Ditengah Pandemi

0
110

Siak, Nawacitapost.com – Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSI mendukung penuh deklarasi yang dilakukan partai politik (parpol) di pilkada serentak tahun 2020. Deklarasi diwilayah itu dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pilkada yang aman, damai dan kondusif di tengah pandemi covid-19, Hotel Grand Central Pekanbaru Rabu (2/12/2020).

Baca Juga : Peringati HUT Pol Airud Ke 70, Satpol Air Polres Siak Bersihkan Fasilitas Umum Di Tepian Sungai Siak

16 Parpol Pilkada serentak hadir : PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKPI. KPU dan Bawaslu  Provinsi Riau hadir, perwakilan Pemprov Riau.

Adapun Naskah Deklarasinya, yaitu Siap menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif,  siap melaksanakan seluruh tahapan Pilkada sesuai dengan protokol kesehatan covid-19 secara konsisten, siap menang dan siap menerima kekalahan dengan ikhlas,  dan mengakui kemenangan yang sah pasangan lain dalam pilkada serentak ini, serta tidak melakukan pengerahan massa dan akan menempuh jalur hukum sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.

Selanjutnya, siap mencegah isu sara, berita hoax, ujaran kebencian dan money politik. Tanda tangan di naskah itu dilakukan para yang hadir tersebut.

Irjen Agung menyatakan bahwa pilkada serentak diwilayah Riau bisa berjalan dengan aman, damai dan kondusif ditengah pandemi covid-19.

Stake holder tentu akan menjaga keamanan pada pilkada ini yang diharapkan terlaksana secara damai dan aman.

“Pada pelaksanaan pilkada ini tentu banyak kepentingan yang akan mempengaruhi masyarakat, namun hendaknya dapat dselesaikan dengan baik. Provinsi Riau ini merupakan wilayah yang kental dengan adat Melayunya, oleh karenanya diharapkan kita bersama lebih bijak dan santun dalam menyikapi pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 di tengah pandemi covid-19,” terang Agung.

Ketua KPU Provinsi Riau,  Ilham M Yasir, bahwa tercatat sebanyak 34 pasangan calon yang akan andil dalam perhelatan maju menjadi kepala daerah dalam pelaksanaan pilkada serentak yang berlangsung di 9 kab/kota di Provinsi Riau, dengan didukung partai pengusungnya.

Ketua Bawaslu Provinisi Riau, Rusidi Rusdan dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Riau yang sudah menginisiasi deklarasi bersama parpol dan juga terobosan yang luar biasa di Provinsi Riau.

“Serta  terobosan yang dilakukan Kapolda dapat  terintegrasi dengan baik oleh petugas tingkat bawah. Hal  ini memudahkan pelaksanaan tugas kita semua. Termasuk Bawaslu, KPU dan Polda Riau yang  telah melakukan pilkada secara damai, aman dan terkendali. pungkas Rusdan,”(Sokhiaro Halawa).