Pembangunan Desa Wujudkan Kesejahteraan Otonomi Daerah

0
186
Foto : Pembangunan Desa Wujudkan Kesejahteraan Otonomi Daerah

Blitar, NAWACITAPOST – Pembangunan masyarakat pedesaan merupakan bagian penting dari perwujudan pembangunan otonomi daerah. Tak lain dalam rangka pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan keikutsertaan masyarakat desa. Yaitu dengan membuat program – program nasional yang salah satunya adalah program pemberdayaan masyarakat desa.

BACA JUGA: Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana Dicopot, Korban Ulah Gubernur Anies dan Habib Rizieq Shihab?

Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok dan Kabupaten Blitar mempunyai beberapa potensi industri, produk unggulan dan peternakan. Desa Karangbendo terbagi 3 dusun yaitu Dusun Karangbendo, Sumberjo dan Tegalrejo. Yang mana ketiga dusun mempunyai potensi dan produk unggulan yang sangat bagus dan perlu dikembangkan. Kepala Desa Karangbendo Khoirul Anam saat ditemui awak media Nawacitapost mengatakan.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Terancam Ditetapkan Tersangka, Gubernur Anies Menyusul?

Potensi atau produk unggulan di Desa Karangbendo sangat bagus. Diantaranya Dusun Karangbendo ada pembuatan gula kelapa, kecap sakinah dan peternakan sapi. Begitu juga Dusun Sumberejo ada pembuatan gula kelapa. Sedangkan di Dusun Tegalrejo merupakan sentra unggulan Desa Karangbendo yaitu kripik gadung dan minyak kembang kenanga atau minyak atsiri,” tuturnya pada 1/12/2020.

BACA JUGA: Kampanye Ala Marinus Gea Viral, Lö Sendroro Sitenga Sokhö, Lö Sangehao Sitenga Khönia

Disamping itu, juga Pemerintah Desa Karangbendo terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat melalui beberapa program – program. Hal ini dianggap penting karena dapat meningkatkan mutu hidup masyarakat di berbagai bidang ekonomi masyarakat dan kepemudaan. Seperti salah satunya adalah bidang ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Keberatan Test Covid 19, Positif Terpapar?

Lebih lanjut Khoirul menambahkan. Permintaan gula kelapa di pasaran sangat banyak. Yang mana harga gula kelapa sangat bagus. Sebenarnya dari dinas terkait sudah memberikan bantuan berupa alat seperti wajan dan sabit untuk nira dalam pembuatan gula kelapa. Permintaan gula kelapa sudah merambah ke daerah Kediri, Blitar dan Tulungagung.

BACA JUGA: Habib Rizieq Shihab Terancam Ditetapkan Tersangka, Gubernur Anies Menyusul?

Desa Karangbendo juga memiliki sentra kripik gadung dan minyak kembang kenanga atau minyak atsiri yang mana ada di Dusun Tegalrejo. Kembang kenanga yang dibuat minyak atsiri dengan harga sangat stabil dan bahan bakunya mudah didapat. Sebab di wilayah Karangbendo atau setiap wilayah Kecamatan Ponggok banyak warga yang menanam pohon kenanga. Kembang kenanga sendiri tidak hanya dibuat minyak tetapi setiap malam Jumat dan hari awal Ramadhan maupun Lebaran banyak permintaan. Diperuntukkan nyekar ke pemakaman umum.

Foto : Pembangunan Desa Wujudkan Kesejahteraan Otonomi Daerah

Dengan adanya potensi dan produk unggulan di desa Karangbendo, desa mampu meningkatkan perekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. “Kedepan kita akan meminta pembinaan dan pendampingan kepada dinas terkait cara mengolah, pengemasan dan cara memasarkan produk unggulan di Desa Karangbendo. Diharapkan bila manajemenya sudah bagus, minimal meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Desa Karangbendo, ” pungkasnya. (kmf/fm)

BACA JUGA: Edhy Prabowo OTT, Susi Pudjiastuti Bakal Jabat Menteri KKP Lagi?