Perdana Bersama Hilarius Duha, Kelompok Samadaya Panen Ikan Air Tawar

0
267
Perdana BUPATI NISEL HILARIUS DUHA Panen Ikan Tawar Bersama di kolam Balai Benih Ikan ( BBI ) di Desa Sondregeasi Kecamatan Luahagundre Maniamolo

Nias Selatan, NAWACITAPOST.COM – Kelompok budi daya ikan air tawar ‘Samadaya’, melakukan panen perdana budidaya ikan air tawar yang di ambil langsung di kolam Balai Benih Ikan ( BBI ) di Desa Sondregeasi Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, Rabu (18/11/2020).

BACA JUGA : Ketua DPD Partai Nasdem Alfred La’ia Sampaikan Ucapan Terima Kasih Khusus Kepada Hilarius Duha

Hilarius Duha Panen Ikan Tawar Bersama Kelompok Samadaya

Panen Ikan tersebut adalah salah satu visi untuk mendorong sektor perekonomian dan meningkatkan konsumsi ikan darat, selain mengandalkan ikan laut yang tidak cukup maka dari itu kebutuhan konsumsi ikan akan semakin sangat tinggi, dengan adanya budi daya ikan air tawar ini yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan yakni Hilarius Duha bersama unsur Forkompinda ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kebahagiaan masyarakat dengan memperdayakan pekerja lokal dan juga mendorong para pembudidaya.

BACA JUGA : Hasil Karya HD-FIRMAN Sudah Dirasakan Oleh Desa Hiliana’a, Siap Menagkan Kembali

Bupati Nias Selatan (sedang cuti kampanye), Hilarius Duha yang juga Calon Bupati Nias Selatan Periode 2021 – 2024, mengatakan bahwa kita tidak boleh bergantung pada Kota lain untuk hal perikanan, pemerintah juga sedang berusaha melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Karena untuk menggantungkan ikan di laut memerlukan banyak hal, tetapi juga kita harus mengandalkan yang ada di darat.

BACA JUGA : Pembanguna Sudah Terbukti, Desa Bawodobara Kembali Menangkan HD-Firman Pada Desember 2020

“Kalau di laut ini ikannya tentu sangat terbatas, sedangkan kalau yang di darat ini semua orang sesungguhnya bisa menjangkau,” ungkap Hilarius. Hilarius juga mengatakan setiap masyarakat bisa produktif, salah satunya adalah minimal betul-betul bisa menghasilkan kebutuhan-kebutuhan ikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kita itu bisa penuhi kebutuhan masyarakat kota dan desa sendiri, kedepan kita akan sangat dibutuhkan dan mampu berdaya saing,” imbuhnya. Terutama Wau sebagai Ketua Kelompok budi daya ikan air tawar ‘Samadaya’ mengatakan bahwa bibit ikan ini ditabur oleh Bupati Nias Selatan-Hilarius Duha bersama unsur Forkompinda Nisel sekitar 6 bulan yang lalu yakni ikan bawal, lele dan haruti nila, jawabnya.

BACA JUGA : Atas Pernyataan Idealisman Dachi pada Debat Publik Tahap II, Pihak PUPR Nyatakan Tidak Benar Bahkan Menyesatkan ?

Panen perdana ikan air tawar ini akan kita bagikan langsung bersama Bapak Hilarius Duha yang langsung kita undang, kepada masyarakat yang ada disini dan sekitarnya tidak lupa juga dengan kawan-kawan lainnya dari pers, unsur tokoh masyarakat desa lain yang ada disini sebagai bentuk rasa ucapan syukur kita bahwa apa yang sudah digagas Hilarius Duha bersama unsur pemerintahan lainnya telah membuahkan hasil yang tidak sia-sia, tambahnya.

“Harapan kami kedepan sebagai ketua kelompok, agar lebih diperhatikan kolam ini oleh pemerintah Kabupaten Nias Selatan guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan kelompok ini bisa berdaya saing segi penciptaan lapangan kerja”, ucap Terutama.

BACA JUGA : Saudara Kandung Cawakada 02 Nisel, Ikut Mensukseskan Pengukuhan Tim Sukses Paslon No. Urut 1 Dilolomatua

Tidak lupa juga, semoga Bapak Hilarius Duha dan Firman Giawa menjadi pemenang Pilkada Nisel tahun ini karena dalam visi misi mereka terdapat yang kami inginkan sebagai kelompok Budi daya ikan air tawar yakni “Program 1001 Kolam” yang menurut kami program ini adalah program yang bagus, handal dan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi, tegas Terutama.

BACA JUGA : Penghina Adat Leluhur Nias Selatan Di Debat Paslon Dilaporkan Ke Polisi

Perhatikan Ge’e sebagai Kepala Desa Sondregeasi menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan atas pembuatan kolam ikan itu hingga panen raya hari ini. “Sesuai kesepakatan kelompok, mereka membagi rasa dengan membagikan hasil panen kepada masyarakat lainnya. Dan untuk kedepan apabila pemerintah kabupaten Nias Selatan memberikan perhatian penuh kepada kelompok Samadaya ini, maka hal ini dapat meningkatkan ekonomi kelompok tersebut,” pungkasnya

Reporter : Arisman Zalukhu