KPUD Nias Utara Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap

0
96
KPUD Nias Utara Laksanakan Simulasi Pemungutan Suara dan Penggunaan Aplikasi Sirekap

Nias Utara, NAWACITAPOST- Jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Nias Utara yang diselenggarakan pada hari Rabu 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nias Utara melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, serta penggunaan sirekap di tingkat TPS. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tribun pendopo Nias Utara Lotu, Sabtu (21/11/20).

Anggota komisioner Divisi teknis KPU Nias Utara, Karyanto Lase, menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya simulasi tersebut adalah bagian dari tahapan penyelenggaraan pemilihan umum dan juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tata cara dan mekanisme dalam melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Karena berbeda dengan tata cara pelaksanaan pemilihan umum sebelumnya,” jelas Karyanto.

Baca Juga : UIN Raden Intan Lampung Kukuhkan 4 Guru Besar

Karyanto menyabutkan bahwa, saat masih masa pandemi covid-19, sehingga peserta pemilih diwajibkan mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak satu sama lain. “Dalam melaksanakan simulisasi ini, kita bisa melihat kelemahan yang akan dihadapi nantinya, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi,” lanjutnya.

Dari pantauan Nawacitapost, peserta simulasi pemungutan suara diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Hilidundra sebanyak 483 jiwa sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Selain peserta simulasi, turut hadir unsur dari pemerintah Kabupaten Nias Utara, diwakili oleh Kaban Kesbangpol, Polres Nias diwakili oleh Kapolsek Alasa, ketua Bawaslu Nias Utara, kedua tim paslon Aman dan Inoto, utusan dari DPRD Nias Utara, anggota KPU Provinsi Sumatera Utara, seluruh anggota komisioner KPUD Nias Utara, dan juga turut dimeriahkan oleh sanggar budaya Sisaramburusa dari Desa Sisarahili teluk siabang Kecamatan Sawo, binaan Yaaro Nazara. (bung_zega).