Pagelaran Moto GP Mandalika 2021, Menko Luhut Ke Kemendes Libatkan Masyarakat Setempat

0
682
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar

Jakarta, NAWACITAPOST – Rencananya pagelaran  Moto GP 2021 di Indonesia bakal terwujud.  Persiapan tingkat menteri terkait sudah dilaksanakan. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman  dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memimpin rapat virtual, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga : Valentino Rossi Bakal Menjajal Sirkuit Mandalika NTT

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar  biasa disapa Gus Menteri turut  menghadiri acara tersebut.

Alasan Kemendes ikut  serta dalam rapat  virtual tersebut.  Ditugaskan untuk mengembangkan kawasan pariwisata  super prioritas Mandalika untuk empat kabupaten dan 787 desa disekitar kawasan itu dengan alokasi anggaran 9,4 miliar rupiah.

Kawasan pariwisata tersebut dibangun homestay tambahan anggarannya bisa menggunakan Dana Desa. digitalisasi promosi dan pemasaran kultur maupun  keindahan.  Bukan itu saja, bahkan Kemendes PDTT melalui BUMDes  untuk masuk ke even MotoGP, hotel dan tempat wisata. Keterlibatan masyarakat diikutsertakan dengan menggunakan sistem bagi hasil.

Sehingga rincian dana totalnya, 9,4 miliar dari alokasi anggaran pemerintah ditambah Dana Desa  20,7 miliar rupiah mencapai 30,3 miliar rupiah.  Dana sebesar itu bisa membangun @ 40 juta rupiah bisa dibangun  752 homestay di 51 Desa sekitar kawasan Mandalika.

Desa-desa di sekitar sirkuit MotoGP Mandalika

Rencananya selama 3 bulan sejak bulan November 2020 –  Januari 2021 rencananya tim khusus  akan ke kawasan Mandalika.  Pebruai 2021 pembangunan Homestay dimulali, selesai Juni 2021. Selanjutnya promosi Official Website MGPA dimulai.

Paparan yang  disampaikan Gus Menteri pada rapat virtual, diapresiasi positif Menko Luhut. Karena benar-benar melibatkan masyarakat serta memberi efek langsung terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Memang sosok Gus Menteri yang  juga kerap disebut lurah santri piawai dalam menggerakan pertumbuhan  ekonomi masyarakat.  Sehingga bukan hal baru bagi lurah santri menggeliatkan usaha masyarakat ke arah yang lebih baik.

Bahkan Sekretaris Jenderal Kemendes, Taufik Madjid  sangat terbantu dengan Gus menteri yang mampu dan tepat memberi arahan kepadanya. Terkait  MotoGP  yang menggunakan dana desa.