Pokdar Kamtibmas Desa Bendo Jadi Keunggulan Desa

0
187
Foto : Pokdar Kamtibmas Desa Bendo Jadi Keunggulan Desa

Blitar, NAWACITAPOST –  Desa Bendo Kecamatan Ponggok merupakan salah satu desa yang telah membentuk Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas). Yakni sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat. Dan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah, Pokdar Kamtibmas harus terus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

BACA JUGA: Kawin Kontrak Menjanda 3 Kali Bermahar Miliaran

Mereka diminta selalu memberikan informasi – informasi penting tentang Kamtibmas serta melaksanakan tugas. Untuk penanggulangan kejadian kriminalitas di wilayah, meminta kepada anggota Pokdar untuk berperan aktif. Tak lain dapat berkoordinasi dengan petugas di lapangan dalam memberikan setiap informasi kejadian supaya dapat segera ditindaklanjuti. Pokdar Kamtibmas mempunyai visi, menjadi sahabat dan menjalin kemitraan masyarakat dengan Polri dalam peningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Masa Idealisman Dachi Perlu Dituntaskan Sebelum Pilkada

Sementara misinya sendiri, hadir di tengah masyarakat untuk memberikan penyuluhan dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum. Membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas. Membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas. Mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuhkembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.

BACA JUGA: Idealisman Dachi Diduga Melanggar Hukum Kepemilikan Dua Mobil Dinas

Saat ditemui media Nawacitapost.com, Kepala Desa Bendo Andri Tejo Mulyo mengatakan. Ada salah seorang masyarakat yang mempunyai insiatif, juga ikut membantu atau menjadi relawan  pengayoman bagi masyarakat. Bukan hanya di Desa Bendo, tetapi menyeluruh Kabupaten Blitar untuk Indonesia. Berkat seringnya koordinasi masyarakat dengan Pemerintah Desa, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas mendapatkan inovasi dan insiatif.

BACA JUGA: Korban Janji Palsu Program Pendidikan Gratis di Nias Selatan Tidak Jelas

Salah satu inovasi dan insiatif masyarakat oleh Bhabinkamtibmas diarahkan langsung. Yang mana keinginan sebagai pengayoman bagi masyarakat atau menjadi relawan. Bisa mempunyai icon mengarahkan agar membentuk Pokdar Kamtibmas. “Sesuai dengan niat dari tujuan masyarakat dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas, organisasi ini mampu memberikan pengayoman bagi masyarakat. Pemerintah Desa sering dibantu oleh Pokdar Kamtibmas dalam kegiatan – kegiatan apapun yang sifatnya melayani dan kenyamanan masyarakat khususnya di Desa Bendo,” jelas Tejo pada (9/11/2020)

BACA JUGA: Trend Cerai Rujuk Kalangan Artis, Kacamata Hukum?

Pokdar Kamtibmas Desa Bendo juga diperlengkapi alat komunikasi Handy Talky (HT) sebagai sarana  alat komunikasi untuk memberikan informasi keamanan dan ketertiban di setiap wilayah. Anggota Pokdar Kamtibmas juga ikut dalam relawan Protokol Kesehatan (Prokes)  dalam memutus mata rantai penularan Covid 19 dan juga menjadi anggota Kampung Tangguh. Keanggotaan Pokdar Kamtibmas melibatkan relawan juga tokoh masyarakat desa, begitu juga untuk Pembina Pokdar Kamtibmas purnawirawan TNI dan Polri.

BACA JUGA: Hilarius Duha Berpeluang Besar Kalahkan Idealisman Dachi

Lanjut Andri, pada tahun 2019 dengan adanya Program Perlombaan Bhabinkamtibmas dari Polres Blitar Kota se Kabupaten Blitar, membuahkan hasil. Salah satu Bhabinkamtibmas Desa Bendo menjadi juara Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Blitar. Bhabinkamtibmas menunjukan keunggulan Desa Bendo  dalam mendampingi dan memberikan inovasi bagi Pokdar Kamtibmas.

Foto : Pokdar Kamtibmas Desa Bendo Jadi Keunggulan Desa

Kapolsek Ponggok mengapresiasi pembentukan Pokdar Kamtibmas di Desa Bendo. Agar desa – desa di Kecamatan Ponggok dapat membentuk Pokdar Kamtibmas di desa. “Harapannya dengan adanya Pokdar Kamtibmas di Desa Bendo dapat memperat tali silahturahmi, kekompakan, kerukunan dan memberikan kenyaman kepada masyarakat di Desa Bendo. Semoga desa – desa yang ada di Kecamatan Ponggok, bahkan di Kabupaten Blitar maupun di Indonesia, masyarakat ikut serta membentuk Pokdar Kamtibmas,” ungkapnya.(adv/kmf/fm)

BACA JUGA: Anies dan Gatot Bakal Jemput Habib Rizieq Berstatus Merah?