Kalapas Panyabungan Indra Kesuma Pemimpin Yang Peduli Masa Depan WBP

0
389
Kalapas Kelas IIB Panyabungan Indra Kesuma, AMd.IP., SH., MH

Panyabungan, NawacitaPost –  Kepala lembaga pemasyarakatan  (Kalapas) Kelas IIB Panyabungan Indra Kesuma, AMd.IP., SH., MH Merupakan sosok pemimpin peduli akan masa depan Warga Binaan Pemasyarakan (WBP). Hal ini terlihat jelas terhadap setiap Inovasi, kreatifitas dan terobosan yang telah dijalankan.

Baca Juga : Meriahkan HDKD Kemenkumham Tahun 2020, Lapas Kelas IIB Panyabungan Ciptakan Lagu Revolusi Digital Kemenkumham RI

Di Lapas Kelas IIB Panyabungan, menerapkan sistem Program OKE (Orientasi Kerja Efektif). Program OKE ini bukan hanya sekedar simbol saja. Akan tetapi, benar-benar diterapkan dan dilaksanakan.

Spesifikasi Hebel Cor Multi Guna, Cipta UD. Yahya Kreatif

Lapas Kelas IIB Panyabungan dibawah kepemimpinan Indra Kesuma sangatlah berkembang secara pesat. Selain konsisten dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, juga selalu sigap dalam meningkatkan Kamtib di Lapas. Beliau juga merupakan sosok teladan bagi seluruh pegawai dan staff serta pembimbing yang baik bagi para WBP-nya.

Hingga saat ini, ada beberapa terobosan beliau dalam mempersiapkan masa depan WBP setelah bebas nantinya. Misalnya, Pembuatan Hebel Cor Multi Guna, Bercocok Tanam dan Membuat Kolam Ikan Lele. Ini semua dilakukan, tujuannya adalah memberikan Edukasi agar WBP bisa membuka usaha sendiri dan produktif untuk menambah penghasilan dan peningkatan ekonomi keluarganya setelah bebas.

Kalapas Kelas IIB Panyabungan Indra Kesuma Beserta Pegawai Sedang Memantau Kebun Sayur Hasil Bercocok Tanam WBP

Mengajarkan Hebel Cor Multi Guna kepada WBP tujuannya adalah untuk meningkatkan Skill dalam bidang Kontruksi Beton dan Bangunan. Hebel Cor ini merupakan temuan Pihak Ke-3 yaitu UD. Yahya Kreatif. Artinya Lapas Kelas IIB Panyabungan bukan hanya sekedar pembinaan biasa. Namun, lebih di optimalkan untuk kesejahteraan WBP kedepannya karena kegiatan tersebut benar-benar produktif.

Hebel Cor ini memang merupan hal yang baru khususnya dibidang konstruksi bangunan. Namun mutu dan kulalitasnya tak perlu diragukan lagi. Dimana Hebel Cor ini telah lolos Uji Beton di Laboratorium Sipil Politeknik Negeri Medan, yang keluar pada tanggal 14 September 2020 dengan Nomor hasil uji PL.5.11/L/P1/2020.

Mengajarkan WBP bercocok tanam tujuannya adalah agar WBP setelah bebas dan bergabung dengan keluarganya. Mereka bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam misalnya menanam sayur-sayuran, jagung, dll. Pembinaan seperti ini sangatlah berdampak besar terhadap kelangsungngan hidup WBP kedepannya setelah bebas. Mereka bisa kerja mandiri dan menghasilkan uang sendiri dengan cara yasng tepat dan baik.

Kalapas Indra Kesuma Sedang Menaburkan Benih Ikan Lele di Kolam Terpal

Mengajarkan WBP membuat kolam ikan lele dari terpal tujuannya adalah agar WBP memahami bagaimana cara sederhana membuat kolam ikan dengan posisi berada di atas tanah dinding dari kayu dan kemudian dilapisi terpal. Selain cara dan lokasi buat kolam nya yang mudah, Budidaya ikan lele ini juga Perawatannya Relatif mudah, Cepat Panen, Benih Mudah Didapat & Murah juga
Perputaran Uang Cepat. Dalam hal ini, tentunya kedepan WBP bisa menjadi wira usaha setelah menjalalani masa hukumannya.

Lapas Kelas IIB Panyabungan melakukan berbagai kegiatan produktif ini sebagai bentuk peningkatkan Sumber Daya Manusia bagi Warga Binaannya. Tujuannya adalah agar WBP setelah keluar nantinya, mereka menjadi manusia yang mandiri dan memiliki bekal hidup ketika kembali dalam kehidupan bermasyarakat. (YG)