EMPP Surabaya : Penyelenggara Pemilu Harus Netral dan Tegas

0
121

Surabaya NAWACITAPOST – Dengan membawa sejumlah atribut, puluhan warga yang mengatasnamakan Elemen Masyarakat Peduli Pemilu (EMPP) mendatangi Kantor Bawaslu Surabaya, mendorong agar Bawaslu dapat menjalankan fungsi dan tugas dengan baik dalam Pilkada 2020.

Dalam hal ini warga berharap penyelenggara Pemilu dapat menjalankan fungsi dengan baik terlebih dapat bersikap netral dan tegas dalam menjalankan fungsi dan wewenangnya.

Kepada media, Iwan Agustiawan salah seorang peserta aksi menginginkan bahwa Pilwali Surabaya harus diselenggarakan seadil-adilnya. ” Kita aksi damai, tidak ada anarkis. Kami tidak ingin pesta demokrasi terkendala dan menjadi kacau,” ujarnya, Selasa (3/11/2020).

Iwan mengaku, dirinya bersama sekitar lima puluh orang menggelar aksi damai di depan Kantor Bawaslu, murni dari elemen masyarakat yang peduli dan tidak ada kepentingan apapun yang menunggangi.

Masyarakat, masih Iwan, juga berharap agar penyelenggara Pemilu juga segera menindaklajuti segala permasalahan yang ada.

Beberapa spanduk dibentangkan oleh peserta aksi, salah satunya bertuliskan ‘Bawaslu dan Gakumdu Harus Tindak Tegas Pelanggar Pidana Pemilu’.

Menerima perwakilan masyarakat peserta aksi, Ketua Bawaslu Surabaya Agil Akbar mengatakan aksi damai tersebut setidaknya merupakan dukungan moril kepada pihaknya agar tetap teguh berpedoman terhadap undang-undang. Dan hal itu menjadi pengingat baginya bersama komisioner dan anggota Bawaslu Surabaya yang lain.

“Secara prinsip bahwa Bawaslu dalam melakukan tugas wewenang dan kewajiban berpedoman pada undang-undang yang berlaku,” ujarnya.