Antisipasi Genangan Banjir, Dinas PUPR Kab. Blitar Bangun Drainase di Dusun Sumberasri Nglegok

0
99
Antisipasi Genangan Banjir, Dinas PUPR Kab. Blitar Bangun Drainase di Dusun Sumberasri Nglegok

Blitar, NAWACITAPOST-  Musim hujan salah satu penyebab rusaknya Infrastuktur yang ada di Kabupaten Blitar, jalan dan drainase memiliki fungsi yang saling berhubungan. Drainase merupakan salah satu prasarana pendukung jalan. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) memprioritaskan pembangunan insfastruktur baik yang berupa penambahan maupun yang berupa Pemeliharaan.

Sekretaris  Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Blitar, Nanang mengatakan pada Selasa (27/10). “Khusus untuk pembangunan yang berkaitan dengan drainase di dusun Tawang, bahwasanya pembangunan saluran drainase sangatlah penting,” ucapnya.

Selain untuk mengantisipasi banjir,  pembangunan saluran drainase sangatlah di butuhkan sebagai pelengkap jalan.

“Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar Optimalkan  Pembangunan saluran drainase yang baik, maka jalan pun akan berfungsi dengan baik. Kebutuhan akan prasarana drainase yang baik merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar dan pengguna jalan,” jelas Nanang.

Lanjutnya, Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR ) Kabupaten Blitar melakukan pembangunan saluran drainase di Dusun Sumberasri RT 3 RW 10 Desa Sumberasri Kecamatan Nglegok.

“Adapun tujuan pembangunan drainase dusun Sumberasri selain sebagai antisipasi banjir dan genangan air hujan. Manfaat dari pembangunan saluran drainase adalah untuk mengamankan jalan dari gerusan dan genangan air hujan guna mendukung fungsi jalan. Dimana yang menghubungkan Desa Kedawung dan Desa Sumberasri Kecamatan Ponggok,” terangnya.

Ia menyebutkan bahwa, jalan dan drainase memiliki fungsi yang saling berhubungan. Drainase merupakan salah satu prasarana pendukung jalan. Dengan drainase yang baik, maka jalan pun akan berfungsi dengan baik.

“Kebutuhan akan prasarana drainase yang baik merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar dan penguna jalan,” tambahnya.

“Pembangunan saluran drainase dusun Sumberasri  ini merupakan langkah konkrit pemerintah Kabupaten Blitar untuk mendukung peningkatan infrastruktur jalan dimana pembangunan  ini sangat di harapkan oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya. (fm/adv/kmf)