Pemudik yang Masuk Kota Salatiga Wajib Tunjukan Hasil Rapid Test

0
142
Pemudik yang Masuk Kota Salatiga Wajib Tunjukan Hasil Rapid Test

NAWACITAPOST– Pemudik dari luar kota yang akan ke Kota Salatiga diharuskan membawa surat keterangan sehat atau surat keterangan non-reaktif berdasarkan hasil rapid test. Surat ini diperlukan untuk antisipasi penyebaran Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Dia mengatakan pada Rabu (21/10/2020). Beberapa penyebaran kasus Covid-19 di Salatiga mengalami peningkatan. “Kita semua berharap tidak ada penambahan pasien Covid-19 yang terpapar dari para pemudik,” jelasnya.

Untuk pengawasan para pemudik tersebut, pihaknya akan mengintensifkan gugus tugas tingkat RW dan RT. “Kita selalu mengoordinasikan antara dinas kesehatan, pemangku wilayah dari kecamatan dan kelurahan, Satpol PP, serta gabungan dari TNI dan Polri,” ucapnya.

Baca Juga : Presiden Prancis Tutup Masjid

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga Siti Zuraida menyebutkan bahwa, saat ini angka Rt (tingkat risiko penularan) Salatiga 0,83 berada di posisi kedua terendah setelah Wonogiri di seluruh Jawa Tengah. Penanganan Covid-19 di Salatiga langsung menyasar sampai lini dua untuk tracing dan pengambilan swab-nya.

Dia pun mencontohkan, pada Selasa (20/10), ada penambahan tujuh pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Dari positif tujuh orang, 265 orang yang diperiksa berarti post rate-nya 2,68 persen. Kita mengejar post rate yang rendah. Dianggap aman atau penularan melandai kalau post rate di bawah 5 persen,” paparnya.

Siti menghimbau bahwa, risiko penyebaran akan semakin besar saat bertemu orang dari berbagai daerah. Tetap gunakan masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan jaga jarak, serta hindari kerumunan.