Kunjungan Yasonna Laoly, Eka Santosa : Alam Santosa, Persahabatan Sunda – Nias untuk Selamanya

0
150
Foto : Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H.Laolly,Anggota DPR RI, Marinus Gea, Eka Santosa

Pasir Impun, Cikadut, Cimenyan Kab. Bandung, NAWACITAPOST –  Semula kunjungan ini tidak akan ‘merepotkan’ siapa pun. Pasalnya secara pribadi persahabatan antara dua figur yang kini bernama Menkumham Yasonna Laoly dengan sosok pegiat lingkungan dan budaya Eka Santosa, dengar – dengar sudah dirintis sejak tahun 2000-an. Sehingga tidaklah perlu melibatkan banyak orang.

“Cukup kami saja, bernostalgia dalam suasana santai. Pak Laoly kalau tak salah sudah dua kali ke Alam Santosa, kalau terwujud ini yang ketiga,” tutur Eka Santosa (16/10/2020) di Pasir Impun Kabupaten Bandung.

Bak bola salju yang bergulir, semua dari mulut Yasonna Laoly yang ingin bernostalgia di ‘Alam Santosa’. Demikian biasa Kang Eka, sebutan akrab Eka Santosa yang pernah sama – sama satu biduk di partai yang berlambang banteng moncong putih. Tak lain sebagai Ketua DPRD Jabar (1999 -2004) dan DPR RI (2004 – 2009). Jadwal kunjungan Yasonna Laoly yang tadinya akan dilakukan secara personal, mungkin bocor dan berkembanglah seperti sekarang ini.

Foto : Eka Santosa & Yusman Ziliwu Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia

“Sekalian saja oleh DPP Gerakan Hejo dikemas Pak Menkumham untuk menyaksikan penandatanganan MoU (kesepakatan). Antara Gerakan Hejo dengan BNNP Jawa Barat yang menempatkan Desa Cikadut sebagai Desa Bersinar (Bersih Narkoba) ke-56 di Jawa Barat, serta MoU lanjutan dari Gerakan Hejo dengan Divre Jawa Barat-Banten Perum Perhutani. Dicanangkan sebagai learning center Desa Wisata berbasis kearifan lokal dan budaya Nusantara. Dan ada peresmian jembatan persahabatan warga Sunda – Nias disini,” jelas Eka Santosa.

Masih kata Eka Santosa, semua kemasan acara ini dibuat serileks mungkin. ”Terjadi dialog interaktif diantara para pihak, berkaitan pengembangan sosial – kemasyarakatan di bidang lingkungan, hukum dan kepariwisataan. Semua dibahas santai saja di alam bebas di area hutan buatan Alam Santosa,” lanjutnya.

Direncanakan yang menyertai kunjungan Menkumham ini bila tak berhalangan dengan jadwal lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser dan para pejabat terkait lainnya.

Lainnya, menurut  Yusman Ziliwu Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Jawa Barat, selain diharapkan kehadiran Menkumham hari ini (17/10/2020) pun akan ada Ketua HIMNI Pusat Marinus Gea yang juga sebagai Anggota DPR RI Komisi III.

Baca Juga : Kampanye Idealisman Dachi Memakan Korban Jiwa

“Disinilah akan terjadi dialog intensif dengan Kang Eka yang juga dulunya pernah di Komisi III DPR RI, terpenting lagi adalah peningkatan persahabatan warga Nias – Sunda di Jawa Barat. Ini hal yang penting sebagai contoh persahabatan antar suku di Nusantara,” ujar Yusman Ziliwu.

Foto : Yusman Ziliwu Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia

Nah, rangkain kunjungan Menkumham kali ini yang terbilang untuk ketiga kalinya ke Pasir Impun ‘Alam Santosa’ di Kabupaten Bandung, semata demi menyejukkan. Terutama menyejukkan Kabupaten Bandung dan Jawa Barat. Ada potensi  luar biasa di Jawa Barat dalam hal kepariwisataan, pengembangan lingkungan dan budaya, serta prospek utuh perlunya masyarakat kita terbebas dari penyalahgunaan obat-obat terlarang.

Foto bersama Menkumham Yasonna Laoly

“Disinilah bangsa yang kuat akan terbentuk, terhindarnya dari penyalahgunaan narkotika terutama dari generasi muda kita,” tutup Eka Santosa yang berharap – “Kunjungan  Bang Laoly ini, kita kembali membuka secercah persahabatan abdi warga Sunda – Nias di Indonesia,” pungkas Yusman Ziliwu.(*)