Pasien Gila yang Kena Virus Corona Diberi Obat Penenang

0
137
Pasien Gila yang Kena Virus Corona Diberi Penenang

Sulawesi Tenggara, NAWACITAPOST- Satu pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Rapid test dan swab sudah dilakukan dan hasilnya positif.

Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Sultra Abdul Razak mengatakan pada Rabu (14/10/2020). Saat rapid ternyata reaktif. Setelah itu dilakukan isolasi dan dilakukan swab. Hasil swab keluar hari ini dan disampaikan bahwa pasien tersebut positif. Pasien itu baru masuk RSJ pada 1 Oktober lalu. Sesuai prosedur yang berlaku, setiap pasien baru harus menjalani rapid test. Karena hasilnya reaktif, maka pasien tersebut diisolasi dan menjalani tes swab. Hingga kemudian dinyatakan positif usai hasil tes swab keluar pada Rabu 14 oktober kemarin.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Antar Buruh Jatim Temui Menkopolhukam Sampaikan Aspirasi Omnibus Law

Kini pasien yang bersangkutan ditempatkan di ruang isolasi khusus di RSJ Sultra. Dia mendapatkan pengawasan dari petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Ada penanganan berbeda ketika pasien dengan gangguan kejiwaan yang terinfeksi virus corona. Pasien diberikan obat penenang agar tidak berontak. “Dikasih obat penenang dan tenang lagi dia,” ujarnya.

Untuk diketahui, pasien yang dimaksud menjalani tes swab pada 1 Oktober namun hasilnya baru keluar pada 14 Oktober. Prosesnya begitu lama. Dikarenakan alat PCR milik Pemprov Sultra sedang tidak berfungsi, sehingga seluruh sampel swab dibawa ke Makassar, Sulawesi Selatan. Waktu pemeriksaan sampel jadi memakan waktu lebih lama. “Antreannya ribuan di Makassar,” lanjutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal menyebutkan bahwa, dii Sultra sendiri ada penambahan 65 kasus positif baru pada Rabu kemarin (14/10). Berasal dari Kota Kendari sebanyak 35 orang dan Konawe 30 orang. Total kasus positif Covid-19 di Sultra berjumlah 3.800 kasus. Kemudian juga dihari yang sama ada penambahan pasien sembuh, yakni sebanyak 46 orang. Berasal dari Kota Kendari 32 orang, Buton Tengah 1 orang, Konawe Selatan 1 orang dan Konawe 12 orang. Total pasien sembuh sebanyak 2.437 orang. Kasus meninggal juga bertambah satu orang sehingga total pasien wafat akibat Covid sebanyak 67 orang. Saat ini masih ada 1.296 pasien yang menjalani karantina atau isolasi.