Wako Irsan Terima Audiensi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

0
106
Wako Irsan Terima Audiensi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Padangsidimpuan, NAWACITAPOST– Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution bersama Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar menerima audensi Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Muhammad Syahrul Chaniago diruang Kerja Walikota Padangsidimpuan, Jum’at (02/10/20).

Syahrul Chaniago menyebutkan bahwa beliau merupakan pimpinan BPJSTK Cabang Koordinator Padangsidimpuan yang wilayah kerjanya meliputi 12 Kabupaten/Kota.
Beliau juga menyampaikan undangan kepada Walikota Irsan untuk bersedia meresmikan kantor BPJSTK Cabang Koordinator Padangsidimpuan yang akan dilangsungkan pada 5 Desember 2020 mendatang yang juga akan dihadiri Dirut BPJSTK dari Pusat. Dia mengatakan pada, Jum’at (02/10/20) lalu. Pak Wali melaporkan, sedang melakukan relaksasi iuran BPJSTK kepada pemberi kerja dari 100% menjadi 1 % pada masa pandemi Covid-19 untuk meringankan peserta atas dampak ekonomi yang dirasakan dan pembayaran iuran yang telah kita salurkan kepada pekerja yang terdaftar di BPJSTK Padangsidimpuan sampai bulan September sebesar 37 milliar yang masuk langsung ke rekening pekerja dan santunan kepada yang meninggal dunia total sebesar 3,2 milliar.

Baca Juga : TNI Langgar 76 Peristiwa Kekerasan dan Pelanggaran HAM

Sementara itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Padangsidimpuan Rizman Khalik menyebut jumlah tenaga kerja Kota Padangsidimpuan yang terdaftar di BPJTK sebanyak 4481 tenaga kerja, sebanyak 460 perusahaan besar kecil, yang kami data dan yang wajib lapor sebanyak 200 perusahaan. Perusahaan yang wajib lapor sesungguhnya menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 1981 adalah perusahaan yang karyawannya minimal 10 pekerja. Saran kepada setiap OPD agar memasukkan staf non ASN untuk mendaftar BPJSTK secara mandiri, mengingat APBD di Kota Padangsidimpuan dirasa tidak mencukupi untuk menampung hal tersebut, namun kami menilai tidak terlalu memberatkan bila iurannya hanya Rp.5400 /Bulan, mengingat manfaat yang didapat sangat baik.

Menanggapi hal tersebut Walikota Irsan Efendi Nasution menyampaikan selamat bertugas di Kota Padangsidimpuan kepada Pimpinan BPJSTK yang baru, semoga dengan kehadiran di Kota Padangsidimpuan bisa bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Padangsidimpuan, katanya. Ia sangat mengapresiasi langkah upaya yang dilakukan BPJSTK yang berinisiasi untuk memberikan keringanan iuran yang membantu masyarakat ditengah dampak ekonomi dari Wabah Covid-19 ini. Apalagi ditambah pembayaran jaminan yang disalurkan langsung kepada pekerja dinilai mampu menjadi jaring pengaman sosial meringankan beban masyarakat di Kota Padangsidimpuan. Mendorong OPD di Kota Padangsidimpuan, agar mendaftarkan pegawainya yang Non-ASN ke BPJSTK karena selain manfaat yang dirasakan akan sangat membantu, iurannya pun cukup ringan.

(Humas Pemko Padangsidimpuan)