Pemerintah Desa Jipurapah Bangun Jembatan Gunakan Dana Desa Tahun 2020

0
265
Pemerintah Desa Jipurapah Bangun Jembatan Gunakan Dana Desa Tahun 2020

Jombang, NAWACITAPOST– Guna menunjang kesejahteraan Warga Masyarakat khususnya pada sektor perekonomian Pemerintah Desa (Pemdes) Jipurapah, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang merealisasikan dana desa (DD) Tahun Anggaran 2020 untuk pembangunan jembatan.

Kepala Desa (Kades) Hadi Sucipto mengatakan pada, Sabtu (03/10/2020). Pembangunan jembatan ini adalah hasil musyawarah bersama warga masyarakat, untuk pembangunan DD tahun ini. Desa memanfaatkan dana desa untuk membangun jembatan baru dengan membongkar bangunan lama. Besarnya anggaran yang dikucurkan Rp 319.757,972,15.

Dana desa yang diterima oleh Desa Jipurapah sudah dimasukkan dalam RAB APBDes yang memuat rencana kegiatan pembangunan infrastruktur, salah satunya untuk membangun Jembatan. Pembangunan insfratuktur yang menggunakan anggaran dana desa itu, berdasarkan usulan dari warga yang kemudian dibahas dalam musrenbang tingkat desa. Karena itu, jika ada usulan warga yang belum bisa terealisasi pada tahun ini, harap maklum dan akan diusulkan pada tahun depan. Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan jembatan TPK desa memberdayakan masyarakat setempat sesuai dengan Program PKT (Padat Karya Tunai). Anggaran yang terserap besarnya bervariasi, sesuai volume kegiatan atau proyek yang dikerjakan.

Baca Juga : Jelang Peringatan HUT TNI Ke 75, Kodim 0808/Blitar Gelar Ziarah Di Taman Makam Pahlawan

Dia mencontohkan, untuk pembangunan jembatan, hanya satu unit. Yakni jembatan yang di Dusun Ngrapah. Pembangunan jembatan ini menjadi salah satu prioritas. Di lokasi itu jembatan lama dibongkar dan dibangun jembatan baru dengan ukuran 23×3 meter. Saat ini, pembangunan jembatan sudah hampir selesai tinggal finishing.

Rusiatun salah satu warga Dusun Ngrapah saat di temui oleh awak media Nawacitapost menyampaikan, merasa sangat senang sekali karena jembatan yang lama selama ini sangat menghawatirkan sekali pada saat di lewati sudah di bangun dan bagus sekali.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Siti warga dusun Ngrapah menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mewujudkan keinginan warga selama ini untuk dibuatkan jembatan yang layak untuk dilintasi setidaknya dengan adanya jembatan baru ini dapat mempermudah akses warga dalam beraktivitas sehari-hari.

Reporter  : Teguh Setiawan Jombang