Bupati Nias Utara di Nilai Tidak Berani Beberkan Capaian Hasil Kinerja Pemerintahannya

0
329

NIAS UTARA, NAWACITAPOST.COM – Sangat di sayangkan harapan insan pers yang terkesan sia-sia untuk melakukan konferensi pers dengan Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, terkait hasil capaian kinerja pemerintahannya di Tahun Anggaran 2019 tahun lalu, untuk diketahui masyarakat Nias Utara khususnya, dan rakyat Indonesia pada umumnya.

beberapa media yang bertugas di Nias Utara yang mengatasnamakan Aliansi Pers Nias Utara pernah mengajukan audiensi kepada Bupati Nias Utara M Ingati Nazara melalui surat resmi untuk melakukan konferensi pers terkait hasil capaian kinerja pemerintahannya pada TA. 2019. Surat tersebut disampaikan sejak tanggal 31/3/2020, namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari sang pemimpin Nias Utara M Ingati Nazara.

Kemudian, lagi-lagi disusul permohonan jumpa pers oleh media nasional Nawacitapost.com perwakilan Nias Utara pada tanggal 4/8/2020, yang ditujukan kepada Bupati Nias Utara dengan nomor. 021/Nawacita/PER-NU/VIII/2020 perihal : permintaan konferensi pers, namun selalu menuai kegagalan.

Ketika media Nawacitapost.com menelusuri muara surat yang disampaikan kepada Bupati, salah seorang staf Bupati bagian penerima surat menjelaskan bahwa surat tersebut sudah diarahkan ke Sekda. Suratnya sudah turun dan di disposisikan kepada pak Sekda jelas staf.  Selanjutnya, melalui staf Sekda atas nama Ridho saat ditemui, dia menjelaskan kalau surat tersebut sudah diterima dan di arahkan kepada asisten III, pak Yaadil Telaumbanua ucap Ridho.

Saat ditemui asisten III Yaadil  di ruang kerjanya dia menjelaskan Kepada media bahwa sebenarnya sudah diagendakan jumpa pers tersebut. Kita sudah berkoordinasi untuk mengagendakan kegiatan tersebut bahkan kalau tidak salah pertemuan kita agendakan pada hari Rabu, namun saat itu pak Bupati ada kegiatan diluar daerah, sehingga kita menunda waktu. Dilanjutkan, bahkan saat itu kita sudah menyiarkan rilis pak Bupati saat itu, tapi karna waktu tertunda saat itu dan ditambah lagi dengan ke sibukan hingga saat ini, sehingga kita tidak fokus lagi dengan hal itu, ditambah lagi kesibukan Bupati akhir-akhir ini, kadang satu hari dia masuk kantor, setelah itu pergi dinas luar, terang Yaadil Jumat (25/9/20).

Menanggapi hal tersebut, Anuari Zendrato selaku ketua IPK Nias Utara yang juga wartawan di salah satu media sangat menyayangkan ketidak pedulian Bupati terhadap insan pers.
Kita sangat menyayangkan sikap Bupati seperti itu, kata Anuari saat diminta tanggapan oleh awak media.

Ditambahkannya, harusnya Bupati lebih paham kalau pers itu adalah pilar ke empat demokrasi bangsa, dan mestinya Bupati mengetahui kalau pers itu termasuk mitra dari pemerintah, jelas Anuari dengan nada tinggi.

Jangankan pimpinan Daerah, Presiden RI saja selalu melakukan konferensi pers terkait capaian kinerja pemerintahannya. Jadi mungkin saja Bupati kita tidak berani membeberkan hasil capaian kinerja pemerintahannya, karna banyak kegagalan pada penggunaan anggaran tahun 2019, dan itu sudah diakuinya ketika ada rapat paripurna di DPRD Nias Utara, terang Anuari alias Ahem.

Jadi saya juga mengharapkan kepada rekan media dalam menghadapi situasi saat ini kiranya mensosialisasikan kepada masyarakat Nias Utara khususnya, untuk lebih jeli memilih pemimpin Nias Utara yang benar-benar mementingkan kepentingan umum atau masyarakat, termasuk kepedulian pemimpin Daerah kepada insan pers, dan kita memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak tergiur dengan janji manis tapi palsu harap Anuari.

reporter : Ibezanolo Zega

Copyright : Nawacitapost.com 2020