Gerakan Diversifikasi dan Ekspose UMKM Pangan Lokal 2020

0
229
Gerakan Diversifikasi dan Ekspose UMKM Pangan Lokal 2020

NAWACITAPOST.com-Bupati Bulungan H.Sudjati SH Berserta Dinas Pertanian drh. Achmad Yani mengikuti acara Gerakan Diversifikasi dan Ekspose UMKM Pangan Lokal secara serentak di Pusat dan semua Provinsi di Indonesia, Kegiatan ini di lakukan dalam rangka mempercepat pembangunan diversifikasi pangan lokal.

Berlangsung di lantai dua ruang rapat Kantor Bupati Bulungan jalan Jelarai Raya Tanjung Selor, Melalui vidio conference menggunakan aplikasi Zoom.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Resmikan Tol di Kabupaten Aceh Besar

Gerakan diversifikasi pangan lokal menjadi salah satu strategi ketahanan pangan yang saat ini digaungkan Kementerian Pertanian (Kementan). Strategi tersebut seringkali disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sebagai cara bertindak dalam menghadapi pandemi, ancaman kekeringan, dan krisis pangan.
Diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

Melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya. Langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pertanian (Kementan).