Penjelasan Sekertaris Gugus Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono Terkait Warga Tualang Positif Corona

0
216
Penjelasan Sekertaris Gugus Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono

Siak, NAWACITAPOST.com-  Empat orang warga perawang positif 4 covid -19. Hal ini disampaikan oleh sekertaris gugus covid kabupaten Siak, Budhi Yuwono melalui wahtsapp pribadinya minggu, (09/08/2020)

Budhi menyampaikan per hari Minggu (09/8) di Kabupaten Siak ada 2 (dua) penambahan kasus positif Covid–19.

“Jumlah Positif sampai saat ini Mingu,09/08/2020 berjumlah 147 orang, 96 dirawat, 49 sehat dan sudah dipulangkan, 2 orang meninggal dunia,”paparnya.

Budhi menjelaskan, pasien positif covid -19 yang dirawat dibeberapa tempat dengan rincian : RS E.H (Pekanbaru) 59 orang, RSUD Siak 26 Orang, Asrama Haji Siak 10 orang, RS Tentara 1 Orang.  Suspek berjumlah 5693 orang, selesai isolasi pemantauan berjumlah 5293 orang, isolasi Mandiri 390, isolasi di RS 1 orang, meninggal 9 orang.

Baca Juga : Warga Menolak Penutupan PT. IKPP Kabupaten Siak

“Saya jelaskan kepada rekan-rekan media rincian penambahan pasien positif covid-19 dengan nomor pasien 146 adalah Nn. EA (26) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini diisolasi dan dirawat di RSUD Siak. Nn. EA (26) merupakan bagian dari Cluster Nakes PKM Perawang. Pasien 147 adalah Ny. DMS (36) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini telah isolasi RS Eka Hospital, Ny. DMS (36) belum diketahui kontak erat dari mana kepada siapa, dan Kabar hari ini tidak ada pasien yang dinyatakan Terakhir,untuk sekian kalinya,”terangnya.

Budhi,kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten siak agar untuk
Tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan,tetap mengikuti protokol kesehatan.

Sesuai dengan imbauan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2020 tentang penggunaan masker guna mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), rutin mencuci tangan (lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan hand sanitizer. Jaga pola hidup sehat makan buah dan sayuran berolahraga rutin, konsumsi vitamin yang cukup.

“Saya Harapkan kepada rekan-rekan wartawan agar pemberitaan memberikan berita yang fakta akurat,beribang, supaya masyarakat tidak mudah khawatir tensegera ang pandemi covid 19.Agar tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. Menjaga kerahasiaan data pasien merupakan kewajiban kita semua sesuai Pasal 57 UU 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negatif terhadap mereka,”tega Budhi.

Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 112.

Reporter : Sokhiaro Halawa-Kab.Siak