Bentuk Protes Warga dalam Menuntut Jalan Segera di Perbaiki, Warga Kampung Perawang Barat Tanam Pohon Pisang di Jalan

0
482
Foto : Pohon Pisang sebagai tanda kepada pengendara dalam melewati badan jalan yang berlubang dan rusak parah

Siak, NAWACITAPOST – Masyarakat yang melitas di jalan Hang jebat depan Kantor Kampung Perawang barat kecamatan Tualang, warga melakukan aksi tanam pohon pisang di jalan Raya tersebut ,Aksi tersebut viral di media sosial (FB Dan Whatsapp Grup), berbagai komentar positif dan negatif dari netizen membanjiri media sosial.

Menurut Salah satu warga sekitar yang ada di lokasi, penanaman pohon pisang Rahma ali (62), Ia seorang pedagang yang berjualan dipasar yang tiap harinya melintasi jalan yang rusak dan berlubang sangat mengganggu dan membahayakan pengendara, terutama roda dua.

“Memang itu warga sini yang tanam. Kemungkinan dari kemarin tanaman pohon pisang itu sudah ada. Kondisi jalannya memang rusak parah, jadi warga protes dengan cara itu,” tutur Rahmat ali saat ditemui di jalan hang jebat depan kantor penghulu perawang barat,
Selasa(04/08/2020)

Jalan tersebut sangat rusak parah. Dengan aksi warga di lingkungan tersebut adalah bentuk protes dari warga. Setengah badan jalan memiliki lubang yang rusak, maka satu batang pohon pisang kecil yang masih segar daunnya di Jalan Kabupaten yang berada di Kecamatan Tualang (Loba Legok/Lobang), Kemanakah pemerintah kita,kok di Biarkan? Apakah harus ada korban jiwa baru di perbaiki jalannya? Jelas Pertanyaan Ali.

“Memang rusaknya sudah beberapa bulan tapi tidak di perhatikan sama sekali. Berbahaya itu kalau sudah hujan deras, lubangnya digenangi air jadi tidak terlihat oleh pengendara. Motor yang ngebut bisa jatuh,” katanya.

BACA JUGA : Mekanisme Produksi Obat dan Perkembangan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Begini Penjelasan Kemenkes

Bu rina (48) pendangang di sekitar jalan yang berlubang tersebut, mengatakan “Akibat jalan berlubang tersebut sudah ada beberapa pengendara motor yang menjadi korban walaupun tidak ada yang meninggal tapi luka – luka ringan”. Tutur bu rina

“Seingat saya, ada sekitar 7 kejadian motor yang jatuh akibat lubang itu. Rata-rata pada malam hari, karena memang gelap apa lagi kalau hujan, kondisinya,”
tuturnya.

Saat di konfirmasi kepada Kepala Dinas PU – Tarukim Siak Ir.Irving kahar MT, Melalui VIA Telpon Seluler pribadinya,Selasa,(04/08/2020) tentang Jalan yang berlubang yang sudah ditanami pohon pisang,bentuk protes warga,supaya pemerintah melalui Dinas PU – Tarukim Kabupaten Siak melakukan tindakan agar tidak ada warga kecamatan perawang menjai korban, namun Hp Beliau tidak Aktif sehingga berita ini naik.

Begitu juga saat awak media meminta komentar kepala kampung Perawang Barat, Faisal Shi, terkait aksi warga sekitar tentang tanam pohon di depan kantornya,namun Tidak aktif.

Foto : Tokoh Pemuda Kecamatan Tualang Febri AL Hadi,SH.

Salah satu Tokoh Pemuda dan warga kecamatan Tualang Febri Al Hadi,SH,( 28) menyampaikan kepada wartawan nawacitapost, Aksi tanam pohon yang di lakukan beberapa warga sekitar. Keprihatinan  pemerintah Kabupaten Siak melalui Bina marga dalam membenahi infastruktur jalan sangat minim sekali, dimana jalan yang berada di depan kantor kampung penghulu Perawang Barat sudah berbulan – bulan jalan ini Rusak dan berlubang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa jika tidak cepat di perbaiki”. Tutur Febri

“Kalau enggak ditandai sama pohon pisang, bahaya. Lubang tergenang air kan tidak terlihat oleh pengendara, bisa jatuh. Pohon pisang diletakan di badan jalan yang berlubang itu merupakan tanda aja,Agar jangan ada korban jatuh ” kata febri

Menurut Febri, Jalan Hang jebat yang sering di lewati masyarakat kecamatan Tualang tersebut mulai rusak ketika terus-menerus diguyur hujan dan di lalui kendaraan Roda Empat,beberapa bulan belakangan ini.

Lanjut Febri, Semoga pemerintah cepat menganggarkan dana ABPD Kab Siak 2020,atau pemerintah mencari solusi supaya jalan ini di perbaiki jangan sampai ada korban meninggal karena jalan yang berlubang ini di biarkan oleh pemerintah kabupaten Siak,
Ungkap,” Harap Febri sebagai Tokoh Pemuda setempat

Sokhiaro Halawa (Nawacitapost.com,Kabupaten Siak)