Rumah Sakit Umum Pratama Nias Barat Terkesan Aktif Hanya Seumur Jagung

0
1199

Nias Barat, NAWACITAPOST.COM – Sebuah pencapaian yang membawa angin baru bagi masyarakat Nias Barat, dengan sebuah keputusan yang di ambil oleh pemerintah untuk membangun sebuah rumah sakit umum(RSU) di nias barat yang diberi nama RUMAH SAKIT UMUM PRATAMA NIAS BARAT.

RSU PRATAM NIAS BARAT yang telah ditutup tanpa ada penjelasan

Di tambah lagi kabar baik, ketika pemerintah kab.nias barat membuka secara resmi rumah sakit umum pratama nias barat tersebut di tengah-tengah wabah pandemi covid-19. Pembangunan rumah sakit umum pratama ini di anggap sangat strategis karna lokasinya tidak jauh dari ibu kota kabupaten nias barat. Tepatnya di lasara side-ide desa onolimbu kec. Lahomi kab. Nias barat, walau pun jalan menuju rumah sakit tersebut belum selesia/tidak di aspal menuju gedung rumah sakit umum pratama belum selesai tapi tidak menjadi penghalang bagi  masyarakat untuk tetap bersyukur.

BACA JUGA : Dunia Pendidikan di Kabupaten Nias Barat, Mempunyai PR yang Sungguh Serius

Namun harapan masyarakat tentang pelayanan kesehatan berstandar rumah sakit umum di nias barat hilang/buyer ketika pemerintah kab. Nias Barat telah mengambil keputusan untuk menutup kembali pelayanan pada rumah sakit umum pratama nias barat secara diam-diam pada tgl 30 juli 2020. Menurut salah satu pejabat dinas kesehatan yang tidak mau di sebut namanya mengatakan ketika tim reporter nawacitapos.com mengkonfirmasi terkait “kenapa pemerintah kab. Nias barat menutup RSU PRATAMA” yang bersangkutan langsung menjawab “Saya sendiri tidak tau apa alasan yang tepat atas penutupan RSU PRATAMA, padahal RSU Pratama ini merupakan kebanggaan nias barat” kata beliau.

BACA JUGA : Seorang Pemuda Hanyut di Terjang Ombak Dipantai Ladeha

Hingga berita ini dirilis pelayanan kesehatan di rumah sakit umum pratama nias barat masih tidak aktif, menurut beberapa masyarakat yang sempat di wawancarai oleh awak media nawacitapost.com mengatakan tidak mengetahui apa alasan dari pemerintah daerah untuk menutup kembali RSU Pratama ini, Namun ada yang mengatakan “kok, hanya seumur jagung usia RSU Pratama ini..?” Ada juga yang mengatakan mungkin struktur bangunannya tidak kokoh sehingga takut lama-lama tinggal di gedung itu, karna kebetulan gedung ini banyak yang retak. demikian tanggapan dari masyarakat terkait gedung RSU PRATAMA yang sudah ditutup tanpa ada kejelasan yang pasti.  (Yr H)