Memperingati Hari Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Lapas Kelas IIB Gunungsitoli Gelar Upacara Pengibaran Bendera

0
548
Giat Foto Bersama Kalapas, Soetopo Barutu dan jajarannya dengan Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP. Lobuan Simbolon dan jajarannya, di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli

Gunungsitoli,NAWACITAPOST.COM– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Gunungsitoli telah melaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati hari kesadaran Berbangsa dan Bernegara. Senin (13/7/2020)

Upacara Pengibaran Bendera, dalam rangka memperingati Hari kesadaran berbangsa dan bernegara yang di gelar di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli, Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP. Lobuan Simbolon bertindak sebagai pembina upacara.

Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP. Lobuan Simbolon sebagai Pimbina Upacara

Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon menyampaikan bahwa “Di Era Globalisasi Dewasa ini banyak tantangan bagi negara kita. Namun, Kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya kita semua memahaminya dimana perintah ikut bertanggungjawab mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya, Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon menyampaikan tujuan upacara kesadaran berbangsa dan bernegara dilaksanakan.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Kembali Dibuka, Patuhi Protokol Kesehatan

“Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, meningkatkan kualitas kecintaan berbangsa dan bernegara serta sarana untuk merenungkan setiap perbuatan atau kesalahan dimasa lalu untuk tidak mengulanginya lagi”

Lebih lanjut Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon menambahkan bahwa “Bila rakyat sudah tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka hal ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara mengingat kondisi bangsa kita sekarang, merupakan salah satu indikator dengan mengalami penurunan kesadaran berbangsa dan bernegara”.

Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon pun menjelaskan bahwa ada banyak yang kita ketahui kejadian-kejadian yang minimnya nilai kesadaran berbangsa dan bernegara. Seperti yang kita lihat ada daerah yang melakukan aksi tawuran antar warga, ini hal yang yang perlu kita cermati secara seksama bahwa tipisnya rasa kesadaran dan kepekaan sosial ditingkat pemuda dan masyarakat. Terangnya

Peserta Upacara, Petugas Lapas dan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Gunungsitoli

“Saya menghimbau kita semua untuk selalu memiliki jiwa patriotisme,Cinta tanah air dan Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan,berjiwa pembaharu dan tidak kenal menyerah dan putus asa”. imbau Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon

Diakhir sambutan Dandim 0213/Nias, Letkol Inf TP.Lobuan Simbolon, berpesan “Agar tetap bersyukur kepada Tuhan YME, dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  sebagai landasan moral dalam kehidupan sehari- hari.“Tingkatkan kwalitas diri dan kembangkan  kemampuan sesuai kapasitas masing-masing agar senantiasa tampil terhormat dalam pengabdian kepada bangsa dan negara serta budayakan berkerja yang penuh dengan disiplin sehingga tugas dan tanggung jawab berhasil guna“. Pesan singkat Dandim0213/Nias

Selanjut Kalapas Soetopo Barutu menyampaikan bahwa Lapas gunungsitoli mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0213/Nias atas perhatiannya selama ini kepada Lapas baik dalam giat pembinaan, keamanan dan kegiatan sosial.

“Kalapas menyampaikan bahwa melaksanakan dan menyaksikan upacara bendera yang kita gelar bersama sebagai bentuk sinergitas sebagai alat negara dalam memberikan penghormatan dan menghargai jasa para pendiri dan pahlawan bangsa indonesia serta mengisi kemerdekaan republik indonesia terlebih bagi lapas sendiri.

Lebih lanjut Ia mengatakan giat upacara seperti ini diadakan setiap hari senin,dilaksanakan sebagai bentuk dalam mengenang dan menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan indoensia, dan tidak terkecuali bagi warga binaan dan petugas lapas.

BACA JUGA : Seorang Pemuda Hanyut di Terjang Ombak Dipantai Ladeha

“Kami berharap kerjasama Lapas dan TNI tetap dan semakin ditingkatkan guna menjadi petugas lapas lebih siap dan melaksanakan pekerjan secara profesional”. Harapan Kalapas

Diakhir giat upacara tersebut Kalapas pun menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Dandim 0213 Nias, dan tiga orang lainnya dari Babinsa Koramil 01 Gunungsitoli.

Kalapas memberikan piagam penghargaan kepada Dandim 1213/Nias atas kerjasama dan kepeduliannya TNI dalam giat pembinaan,pengamanan dan Bakti sosial selama ini

Sisca Telaumbanua (Nawacitapost.com, Gunungsitoli-Nias)