Puskesmas Kerumutan Adakan Rapid Test Covid-19 Bagi Tenaga Pendidik Di Kecamatan Kerumutan

0
200
https://nawacitapost.com/politik/2020/06/27/ada-issu-komunisme-pki-bangkit-di-ruu-hip/

Pelalawan, NAWACITAPOST – Menjelang Tahun ajaran baru dibukan dan dimulai dilaksanakan oleh Sekolah-sekolah pada Bulan Juli 2020 mendatang. Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan gandeng Puskesmas di 12Kecamatan se-Kabupaten Pelalawan untuk melakukan Rapid Test bagi tenaga pendidik sebagai upaya pencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan M. Zalal, S.Pd saat menghadiri kegiatan upaya pencegah penyeberan Covid-19 dengan giat Rapid Test bagi tenaga pendidik yang berlangsung di aula Puskesmas Cinta Kerumutan,Jumat (26/06/2020).

Puskesmas Kerumutan sengaja bekerja sama dengan Koordinator Wilayah Pendidikan mengadakan kegiatan Rapid Test bagi tenaga pendidik sebelum ajaran baru dimulai untuk upaya pencegah penyebaran Covid-19.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST, MM, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pelalawan, Imustiar S.Ip, Kepala Dinas Pendidikan M. Zalal, S.Pd, Kepala Dinas Kesehatan Asril, M.Kes, Camat Kerumutan Husnizal, SE, M.Si, Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM, Kapolsek Kerumutan Iptu Fajri Sentosa, SH, MH, serta Babinsa Serda Indra Gunawan.

Baca Juga : Ada Issu Komunisme- PKI Bangkit di RUU HIP?

Kepala Puskesmas Kerumutan Harno, SKM saat di konfirmasi menyampaikan bahwa tujuan diadakannya rapid test bagi tenaga pendidik ini adalah dalam rangka pelaksanaan new normal dan menyambut tahun ajaran baru 2020 yang akan segera dimulai.

“Semua sekolah akan di buka pada bulan Juli 2020 mendatang, jadi sebelum itu sangat penting dilaksanakan rapid test kepada tenaga pendidik untuk mencegah Covid-19 di wilayah Kerumutan. Karena antisipasi itu penting dalam menekan penyebaran Virus mematikan ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan M. Zalal, S.Pd mengatakan, “Kerumutan ini merupakan Kecamatan pertama yang melakukan rapid test kepada tenaga pendidik dan nantinya akan dilaksanakan di kecamatan lainnya. Sebelum tahun ajaran baru sekolah dimulai perlu kita lakukan Rapid Test kepada tenaga pendidikan terutama bagi guru yang mengajar. Tenaga pendidik harus benar-benar sehat dan kalau perlu 1 minggu sekali cek kesehatan pada fasilitas kesehatan terdekat. Kita harapkan tidak ada yang positif Covid-19 dan tenaga pendidik semuanya sehat.” ujar M. Zalal.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST. MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada tenaga pendidik yang telah bersedia dan suka rela mengikuti rapid test yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Kerumutan. Rapid tes ini penting karena kita harus mencegah penularan virus Covid-19 di wilayah kita.

Adi Sukemi juga berpesan kepada Dinas Pendidikan dan tenaga pendidik agar nanti jika sekolah dibuka dan aktifitas belajar mengajar telah dimulai, agar tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Nantinya setelah kegiatan belajar mengajar telah berjalan, maka seluruh tenaga pendidik harus tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Walau pun daerah kita sekarang dalam masa New Normal, tetap kita ikuti sesuai aturan pemerintahan.”

Dalam kegiatan ini sebanyak 75 orang tenaga pendidik setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) jalani pemeriksaan rapid test yang di lakukan oleh tim Puskesmas Cinta Kerumutan dan hasilnya nanti akan di sampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. (Yul)