Walikota Gunungsitoli Himbau Warga Patuhi dan Laksanakan Protokol Kesehatan Pada Masa New Normal

5
506
Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua Himbau warga untuk Patuhi dan Laksanakan Protokol Kesehatan dimasa New Normal

Gunungsitoli,Nawacitapost.com – Walikota Gunungsitoli sekaligus sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Ir. Lakhomizaro Zebua, menghimbau dan mengajak warga Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan protokoler kesehatan pada masa new normal.

Baca Juga : Kasus Perdana, 1 Orang Warga Gunungsitoli Positif Covid-19

Hal ini disampaikan Lakhomizaro Zebua pada konferensi pers terkait warga Desa Bawadesolo Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang positif terinfeksi virus Covid-19, Rabu (17/06/20) di Lt. 1 Kantor Walikota.

“Dimohon kepada warga Kota Gunungsitoli untuk tetap memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, makan makanan bergizi, hindari kerumunan massa, lakukan penyemprotan disinfektan, agar penyebaran virus Covid-19 dapat terputus” tegas Lakhomizaro Zebua.

Terkait dengan adanya kasus perdana pasien positif terinfeksi virus Covid-19 di Kota Gunungsitoli, yang notabene adalah warga ber- kependudukan Manado dan baru masuk sekitar enam hari yang lalu melalui bandar udara Binaka, Walikota Gunungsitoli kembali menghimbau warga untuk tidak panik dan tetap saling melindungi dengan Protokoler kesehatan.

“Tahapan New Normal merupakan arahan dari pusat, dan daerah wajiib melaksanakannya. Arus masuk dan keluar masyarakat dari Pulau Nias, tidak dapat kita batasi selama memenuhi berbagai aturan yang disyaratkan dalam masa New Normal” Tutur Lakhomizaro Zebua.

Baca Juga : Camat Bandar Petalangan Hadiri Rapat Koordinasi BUMDES Se-Kecamatan Bandar Petalangan

Terkhusus untuk supir – supir ekspedisi yang mengangkut kebutuhan pokok dari daratan Sumatera melalui jalur laut, yang saat ini tertahan di Pelabuhan Sibolga dikarenakan tidak bisa memenuhi pembiayaan Rapid Test yang begitu mahal sebagai syarat untuk ikut berlayar, Walikota Gunungsitoli menyampaikan, bahwasanya muatan supir – supir tersebut merupakan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat Pulau Nias, maka Pemerintah Kota Gunungsitoli telah mengambil kebijakan untuk melakukan Rapid Test gratis bagi para supir ekspedisi setelah sesampainya di pelabuhan Gunungsitoli.

“Petugas terpadu Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, akan melakukan Rapid Test kepada para supir ekspedisi di atas kapal sesampainya di dermaga, jika belum dilakukan Rapid Test, para supir tersebut tidak diizinkan untuk turun dari atas kapal” tutur Lakhomizaro Zebua.

Harapan Walikota dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 agar berhasil dilakukan, adalah bersama – sama saling mengingatkan tidak saling menunggu merupakan perlakuan sederhana namun sangat bermanfaat.

Reporter : Alexsius Telaumbanua (Nawacitapost.com,Gunungsitoli)

Comments are closed.