Camat Langgam, Sugeng Wihariyadi Hadiri Pelantikan Dan Pembekalan PPS di Kec.Langgam

1
80
Camat Langgam, Sugeng Wihariyadi Hadiri Pelantikan Dan Pembekalan PPS di Kec.Langgam

PELALAWAN, NAWACITAPOST-Camat Langgam Sugeng Wihariyadi, S.Sos menghadiri kegiatan pelantikan dan pembekalan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilaksanakan di Sekretariat Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Kecamatan Langgam pada Senin (15/06/20).

Tampak hadir Ketua KPU Kabupaten Pelalawan Muhammad Aris, S.Ag, Kapolsek Langgam, Anggota Babinsa Kelurahan Langgam, Kepala Urusan Agama (KUA) Kelurahan Langgam Herman, S.Ag, Ketua PPK Muhaimin, S.Pd dan anggota PPS yang dilantik pada kesempatan tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Pelalawan Muhammad Aris, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada anggota PPS Kecamatan Langgam yang akan dilantik. M. Aris menginformasikan bahwa anggota PPS tersebut akan memulai tugasnya terhitung dari bulan Juni 2020 sam[ai dengan Januari 2021 dalam penyelenggara pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan.

Baca Juga : Berulang Kali Setubuhi Anak Dibawah Umur, Ayah Tiri Korban Inisial AD (40) diamankan Polsek Bunut

Ketua KPU juga menyampaikan, bahwa menjadi penyelenggara pemungutan suara bukanlah pekerjaan yang berat, tetapi pekerjaan ini harus kita lakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dikataknnya, Ada tiga hal menjadi penyelengara yang baik, diantaranya yang pertama kita melaksanakan tahapan pekerjaan sebagai penyelenggara pemilu, mau tidak mau kita harus ikuti ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Seandainya ada hal-hal yang tidak kita ketahui maka kita akan adakan diskusi sesuai dengan jalur kita sebagai penyelenggara, bekerjalah sesuai dengan regulasi yang ada,” katanya.

Hal yang kedua dalam penuturan ketua KPU Kabupaten Pelalawan agar menjadi penyelenggara dengan baik, tentu hal yang harus di lakukan adalah tidak boleh memperlihatkan kecendrungan kita baik itu kepada tim sukses, maupun kepada salah satu bakal calon yang akan bertanding.

Larangn kecedrungannyang dimaksud Ketua KPU ini seperti di media sosial misalnya, “Katakanlah di FB umpamannya ada kegiatan-kegiatan tim sukses atau bakal calon, janganlah ikut-ikutan mengomentari atau memberikan like, karena kita ibarat pertandingan bola di lapangan, kita adalah sebagai wasit atau orang tengah. Poin yang ketiga kita sebagai anggota PPS hendaknya dapat menjaga interegritas kita sebagai penyelenggara pemilu. Laksanakanlah apa yang harus kita lakukan dan jangan laksanakan apa yang tidak seharusnya kita lakukan.” tutur Ketua KPU Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu Kapolsek Kecamatan Langgam menghimbau kepada anggota PPS agar dalam penyelenggaraan pemilihan umum yang akan deselenggarakan nanti agar menjadi pemilu yang aman dan kondusif. Kapolsek juga menerangkan beberapa hal mengenai aspek hukum yang perlu diketahui oleh petugas PPS.

“Mari kita ciptakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati menjadi pemilihan yang aman dan kondusif. Hendaknya tidak ada menimbulkan konflik bagi masyarakat setempat, karena bapak- bapak dan ibu-ibu orang yang pertama kali yang akan dijumpai di desa-desa yang ada di Kecamatan Langgam,” ujarnya mengingatkan.

Lanjutnya lagi, Ada beberapa hal aspek- aspek pidana dan hukum yang harus kita ketahui dan juga dihindari, sesuai UU no.7 tahun 2017. Jangan sekali-kali bapak-bapak dan ibu-ibu melakukan kesalahan yang menyangkut dengan pidana yang akan diperiksa oleh pihak Bawaslu, pihak kejaksaan dan pihak kepolisian.

“Harapan bersama kiranya kita dapat ciptakan pemilu tahun ini aman, kondusif dan berjalan dengan lancar yang menciptakan pimpinan yang bertanggung jawab adil dan sejahtera.” tutur Kapolsek Langgam.

Selanjutnya Camat Langgam dalam sambutannya juga menyampaikan kepada anggota PPS untuk dapat bekerja dengan totalitas dan mempunyai integritas yang tinggi.

Menurutnya kerja keras para petugas PPS sangat menentukan kualitas kerja PPS kecamatan maupun kelurahan dan bahkan akan menentukan kualitas kerja KPU Kabupaten Pelalawan pada umumnya. Camat juga berharap agar petugas PPS yang dilantik dapat mengikuti aturan-aturan yang sudah di tetapkan oleh KPU. Camat berharap semoga pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati yang nantinya akan diselenggarakan di Kecamatan Langgam tetap aman dan lancar. (Yul)

Comments are closed.